Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Jangan Keluar dari Masjid Usai Sholat tanpa Berdoa, Ini Alasannya

Sabtu 01 Jan 2022 20:44 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Berdoa di masjid usai sholat wajib atau sholat sunnah sangat dianjurkan. Jamaah beraktifitas usai melaksanakan sholat  di dalam Masjid (ilustrasi).

Berdoa di masjid usai sholat wajib atau sholat sunnah sangat dianjurkan. Jamaah beraktifitas usai melaksanakan sholat di dalam Masjid (ilustrasi).

Foto: Prayogi/Republika
Berdoa di masjid usai sholat wajib atau sholat sunnah sangat dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid adalah tempat umat Islam untuk melakukan ibadah kepada Allah ﷻ. 

Di masjid, seorang imam dan makmun juga dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah ﷻ. Karena, menurut ulama, tidak baik jika ada seorang imam dan makmun yang keluar masjid tanpa berdoa.

Baca Juga

Hal ini disampaikan Syekh Abdul Qadir Jailani. Dia merupakan tokoh sufi asal Irak yang paling masyhur di Indonesia, bahkan di dunia.

“Tidak baik jika imam atua makmum keluar dari masjid tanpa doa,” kata Syekh Abdul Qadir dikutip Syekh Nawawi Al Bantani dalam kitabnya yang Tanqih al-Qaul terbitan Wali Pustaka.

Syekh Nawawi Al Bantani kemudian mengutip ayat Alqur’an, di mana Allah SWT berfirman: 

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ ﴿ ٧﴾ وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَبْ ﴿ ٨

Artinya: “Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanlah jendaknya kamu berharap.” (QS Al Insyirah [94]: 7-8).

Maksudnya, kata Syekh Nawawi, jika umat Islam telah selesai beribadah, maka harus segeralah berdoa dan cintailah terhadap apa yang ada di sisi Allah ﷻ, dan mintalah itu dari-Nya. Dalam hadits juga disebutkan, dari Anas bin Malik RA, bahwa Nabi Muhammad  ﷺ bersabda: 

إذا قام الإمام في محرابه وتواترت الصفوف، نزلت الرحمة، فأول ذلك تصيب الإمام، ثم من عن يمينه، ثم من عن يساره، ثم تتفرق الرحمة على الجماعة، ثم ينادي ملك ربح فلان وخسر فلان، فالرابح من يرفع يديه بالدعاء إلى الله تعالى إذا فرغ من صلاته المكتوبة، والخاسر هو الذي خرج من المسجد بلا دعاء، فإذا خرج بلا دعاء قالت الملائكة: يا فلان استغنيت عن الله تعالى ما لك عند الله حاجة.

“Bila imam berdiri di mihrab, sementara shaf-shaf sudah menyambung, maka rahmat akan turun. Awalnya dimulai dengan imam, lalu orang yang di sebelah kanannya, lalu orang yang di sebelah kirinya, sehingga rahmat terpencar kepada jamaah. Lalu malaikat berseru, ‘Beruntunglah si fulan, dan rugilah di fulan’. Yang beruntung adalah orang yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa kepada Allah SWT ketika usai sholat fardhu. Sedangkan orang yang rugi adalah orang yang keluar dari masjid tanpa doa. Bila dia keluar tanpa doa, maka para malaikat berkata, ‘Hai fulan, kamu tidak butuh Allah SWT. Kamu tidak memiliki hajat atas Allah SWT’.” Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bersabda: 

إن الله يحب الملحين في الدعاء

“Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang serius tatkala berdoa.” (HR Hakim, Ibnu Adiy, dan Baihaqi dari Aisyah). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA