Sabtu 01 Jan 2022 16:03 WIB

Viral dan Diadopsi Sejumlah Artis, Apa Itu Spirit Doll?

Spirit doll atau boneka spirit tengah viral di tanah air.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Boneka
Foto: abc
Boneka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spirit doll atau boneka spirit tengah viral di tanah air. Belakangan ini, sejumlah artis secara terbuka mengakui sedang mengasuh spirit doll seperti halnya anak sendiri.

Beberapa artis yang mengadopsi spirit doll itu di antaranya, Ivan Gunawan, Sarwendah, Celine Evangelista, Nora Alexandra, Soimah. Tak jarang, para artis tersebut membagikan aktivitas mereka dengan boneka bayi yang diadopsinya itu. Mereka merawat dan mengurus boneka tersebut layaknya bayi manusia.

Bahkan, Ivan Gunawan menyebut jika spirit dollnya adalah putra mahkota pewaris tahta pertamanya. Ia memberi nama bonekanya dengan sebutan Miracle Putra Gunawan atau baby Eqqel.

Selain kalangan artis, adapula masyarakat biasa yang mengadopsi spirit doll tersebut. Beberapa komentar dari akun-akun di media sosial menunjukkan bahwa mereka ada yang membeli boneka itu dari Furi Harun, seorang kolektor boneka arwah atau disebut sebagai orang tua asuh dari 349 boneka yang dibelinya dari berbagai negara.

Salah satu akun mengungkapkan pengalamannya yang mengadopsi spirit doll. "Wuah ini pengalaman pertama dalam adopt anak awrah di Kak @furiharun pas pertama tanya spirit dolls, malamnya dimimpiin sama calon anakku, terus setelah adopt si kecil aku dimimpiin dengan tangisan si kecil yang minta jalan-jalan dan jajanan. Sekarang jadi lebih ingat untuk berdoa, bersedekah, dan bersyukur apa yang kita dapatkan. Belajar jadi lebih sabar dan menahan emosi, terima kasih @furiharun @bonekafuriharun sudah mempertemukan aku dengan anak Ayla."

Dari sejumlah sumber, disebutkan bahwa spirit doll atau yang dikenal dengan sebutan boneka arwah dianggap sebagai boneka yang diisi arwah atau roh orang yang sudah meninggal. Mereka yang mengambil dan mengasuh boneka tersebut menyebut boneka tersebut sebagai anak adopsi mereka.

Karena kepercayaan bahwa boneka itu dimasuki roh atau arwah, mereka yang mengadopsi spirit doll memperlakukannya selayaknya anak asuh si pemilik. Ivan Gunawan, misalnya, dengan tegas mengatakan bahwa bayinya itu bukanlah boneka melainkan bayi hidup, yang diduga juga salah satu boneka arwah. Tidak hanya itu, para orang tua asuh spirit doll mengatakan bahwa boneka tersebut juga bisa meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement