Jumat 31 Dec 2021 15:08 WIB

Sekjen PDIP: Malam Tahun Baru Momentum Kontemplasi Diri

Malam tahun baru bisa menjadi momentum untuk kontemplasi diri.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto
Foto: istimewa
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menutup akhir 2021, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mendaki Gunung Agung, Bali. Hasto tak sendiri. Dia mengajak koleganya sesama mahasiswa S3 Universitas Pertahanan (Unhan). 

Untuk urusan mendaki gunung, Hasto memang lazim melakukan aktivitas tersebut di akhir tahun, khususnya selama lima tahun terakhir. Namun, Hasto baru pertama kalinya mendaki Gunung Agung. 

Baca Juga

“Malam hari ini, bersama dengan beberapa teman dari Universitas Pertahanan dan beberapa teman pers, serta Ratu Bhagawan dan beberapa sahabat dari Bali, kami naik Gunung Agung," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/12).

Hasto memaknai pendakian gunung tidak hanya sebatas olahraga atau menyatu dengan alam. Politikus asal Yogyakarta itu juga ingin memanjatkan doa kepada Sang Kuasa. 

"Di Gunung tertinggi di Bali tersebut, kami akan berdoa bagi bangsa dan negara, bagi Ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden Jokowi serta seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan agar terus membangun semangat kerja kepartaian dengan turun ke bawah bersama rakyat," urai Hasto. 

Di samping itu, alumnus UGM itu juga melihat tradisi masyarakat Bali yang memberikan keteladanan ketika menjalankan kehidupan spiritualitas. Hasto menilai hal tersebut merupakan wajah kebudayaan yang autentik, khas nusantara. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement