Rabu 29 Dec 2021 23:15 WIB

Universitas Bakrie Gandeng EMP Kembangkan Desa Wisata Reka Energi

Universitas Bakrie menggelar pelatihan warga hingga aplikasi untuk desa wisata

Universitas Bakrie bersama PT Energi Mega Persada (PT EMP) melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Propinsi Riau pada 15 hingga 19 November 2021 yaitu pengembangan Desa Wisata Reka Energi Bakrie
Foto: istimewa
Universitas Bakrie bersama PT Energi Mega Persada (PT EMP) melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Propinsi Riau pada 15 hingga 19 November 2021 yaitu pengembangan Desa Wisata Reka Energi Bakrie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Bakrie bersama PT Energi Mega Persada (PT EMP) melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Propinsi Riau pada 15 hingga 19 November 2021.

Mahasiswa melaksanakan sejumlah pelatihan, antara lain peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengembangan fasum dan paket wisata, pendampingan branding, pemasaran dan kerja sama, yang diikuti oleh masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menggunakan modul-modul pelatihan yang dikembangkan oleh U-Bakrie. 

Pelatihan ini merupakan hasil dari program penelitian Matching Fund dari Kemdikbud-Ristek dengan penelitian yang berjudul "Peningkatan Kapasitas Organisasi Desa Wisata untuk Membentuk Destination Branding". Penelitian ini berbasis masyarakat dari Universitas Bakrie sebagai program Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Provinsi Riau” yang telah menghasilkan beberapa luaran yang meliputi modul pelatihan, Website dan Mobile Aps untuk promosi Deswis dan pemasaran produk lokal secara online. 

Ketua Team pada Program MF Kedaireka U-Bakrie dan PT EMP, Eli Jamilah Mihardja, Ph.D menyatakan, pelatihan mengenai konten mengantarkan para peserta pada pengenalan bagaimana website itu bekerja, dan juga penggunaannya secara mobile melalui Mobile Aps.

Selanjutnya, ia yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Geopark U-Bakrie mengharapkan nantinya pelatihan lanjutan berupa Training of Trainer (TOT) Optimalisasi Website, peserta yang merupakan anggota kelompok Pokdarwis akan lebih memahami fungsi dan cara mengoptimalkan Website Desa Reka Energi Bakrie sebagai kebutuhan destination branding dan promosi Deswis mereka.

Program selanjutnya berupa Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS, yaitu berupa pengabdian yang dilaksanakan berupa Optimalisasi Pemanfaatan Website dan Aplikasi Mobile Untuk Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Program ini berupa pengenalan Website dan Mobile Aps, sebagai sarana penyampaian informasi mengenai Desa Wisata Energi Bakrie, juga sebagai platform usaha rintisan dalam pemasaran Deswis. Kegiatan ini dilaksanakan di Grand Elite Pekanbaru, Provinsi Riau pada 22 hingga 24 Desember 2021.

Nantinya serangkaian program tersebut, mulai dari pelatihan hingga pengabdian, mampu menciptakan keahlian dan kegiatan, khususnya dalam aktivitas pemasaran online. Nantinya, masyarakat diharapkan mampu mengembangkan wilayah yang memiliki potensi alam menjadi Deswis yang dapat meningkatkan  kesejahteraan masyarakat setempat sambil tetap memelihara lingkungan alam tetap terjaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement