Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Gelar Ruang Literasi Digital, Ruangguru Sukses Edukasi 350 Ribu Orang

Rabu 29 Dec 2021 22:26 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Ruangguru. Ruangguru sukses menyelenggarakan program Ruang Literasi Digital, dimana berhasil mengedukasi hampir 350 ribu orang. Hal ini jadi pencapaian penting yang dapat mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat Indonesia.

Ruangguru. Ruangguru sukses menyelenggarakan program Ruang Literasi Digital, dimana berhasil mengedukasi hampir 350 ribu orang. Hal ini jadi pencapaian penting yang dapat mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat Indonesia.

Foto: Ruangguru
Program Ruang Literasi Digital digelar untuk dukung Program Nasional Literasi Digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruangguru sukses menyelenggarakan program Ruang Literasi Digital, dimana berhasil mengedukasi hampir 350 ribu orang. Hal ini jadi pencapaian penting yang dapat mendukung percepatan pemahaman literasi digital masyarakat Indonesia.

Program Ruang Literasi Digital diluncurkan di bulan Agustus 2021 sebagai bentuk dukungan Ruangguru selaku mitra strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam mensukseskan Program Nasional Literasi Digital yang bertujuan untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat.

Program Ruang Literasi Digital meliputi seri webinar Bincang Literasi Digital dan 50 video konten yang dapat diakses oleh masyarakat Indonesia secara gratis melalui aplikasi Ruangguru. Dalam mengembangkan dan memproduksi konten, Ruangguru berpegang pada empat pilar untuk menunjang literasi digital, yaitu Cakap Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, dan Berbudaya dalam Bermedia Digital.

Kepala Kebijakan Publik Ruangguru Amri Ilmma mengatakan, sebagai rekan Kemenkominfo, pihaknya fokus menjangkau seluas-luasnya masyarakat dengan mengadakan 40 webinar yang diikuti oleh lebih dari 100.000 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga. 

Seri webinar ini sengaja digelar untuk mengedukasi orang-orang selain pengakses aplikasi Ruangguru, yaitu guru dan murid sekolah dasar hingga SMA. "Kami juga sangat bangga mengumumkan bahwa 50 konten video yang diluncurkan sejak November 2021 telah diakses oleh lebih dari 350.000 orang yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat Indonesia sangat membutuhkan edukasi agar dapat bermedia digital dengan lebih cakap, aman, etis, dan berbudaya,” tutur dia.

Dari berbagai video edukasi yang hadir di platform ruang literasi digital, Ruangguru mencatat beberapa konten edukasi keamanan siber yang paling banyak diminati oleh masyarakat indonesia. Ruangguru melihat bahwa masyarakat Indonesia sangat peduli terhadap isu keamanan siber, terbukti dari konten yang paling banyak diakses memiliki tema/pilar yang sama, yaitu Aman Bermedia Digital.

Ruangguru melihat adanya kebutuhan akan edukasi mengenai literasi digital, terutama yang membahas tentang cara aman berinternet. Hal ini juga ditunjukkan dari lima video yang paling banyak diakses di Ruang Literasi Digital adalah yang berkaitan dengan pilar Aman Bermedia Digital, yaitu:

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA