Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

BPTJ Setujui Rencana Pembangunan Monorel di Depok

Selasa 28 Dec 2021 23:29 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Fuji Pratiwi

Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Idris mengatakan, BPTJ sudah menyetujui pembangunan monorel Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Idris mengatakan, BPTJ sudah menyetujui pembangunan monorel Kota Depok.

Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Pembangunan Monorel opsi terbaik mengatasi kemacetan Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Depok, Jawa Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berwacana akan membangun moda transportasi kereta cepat Monorel. Wacana tersebut sudah mendapat persetujuan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). 

"BPTJ sudah menyetujui pembangunan kereta cepat Monorel," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris, di Balai Kota Depok, Selasa (28/12).

Baca Juga

Lanjut Idris, proyek pembangunan Monorel ini juga telah melalui kajian dari sejumlah pakar dan akademisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. "Rencana pembangunan Monorel ini tinggal menunggu persetujuan dan pengesahan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN," kata dia. 

Menurut Idris, keberadaan Monorel sudah menjadi keharusan karena menjadi salah satu cara untuk mengurangi kemacetan di Kota Depok. "Pembangunan Monorel opsi terbaik mengatasi kemacetan dibandingkan melakukan upaya pelebaran jalan. Selebar apapun jalanan di Kota Depok, tidak sebanding dengan migrasinya dan jumlah kendaraan yang terus bertambah lagi," jelasnya. 

Ia menambahkan, selain itu pembangunan moda transportasi publik ini juga bertujuan untuk menekan jumlah kendaraan pribadi yang berimbas pengurangan polisi udara. 

"Rencananya, titik awal Monorel akan dimulai dari perbatasan lintasan LRT Cibubur di Harjamukti, Kota Depok. Lalu dari LRT Cibubur dihubungkan ke Pondok Cina, dari sana ada beberapa ruas nanti. Kemudian dari Pondok Cina ke Bojongsari, Cinere, terus putar ke Sawangan," papar Idris.

Persoalannya, lanjut Idris, hingga saat ini, pihaknya juga masih menunggu LRT di Cibubur berfungsi. "Monorel di Kota Depok Ini sangat terkait dengan berfungsinya LRT di Cibubur," ucapnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA