Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Menkes: Rakyat Indonesia Lebih Disiplin Pakai Masker Dibanding Orang Barat

Ahad 26 Dec 2021 04:52 WIB

Rep: Febryan. A/ Red: Teguh Firmansyah

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Foto: Antara/Muhammad Adimaja
BGS menilai kedisiplinan Indonesia pakai masker hanya kalah dibanding China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, rakyat Indonesia lebih disiplin menggunakan masker dibanding warga negara-negara Barat. Dia meyakini, kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan (prokes) ini adalah salah satu alasan kenapa Indonesia bisa menekan jumlah kasus Covid-19.

"Saya akui bahwa prokes kita, bahkan jika dibandingkan dengan  negara Barat, kita lumayan disiplin," kata Budi dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (25/12).

Baca Juga

Budi menarik kesimpulan demikian karena telah melihat langsung kedisiplinan warga negara-negara Barat menggunakan masker. Dibandingkan warga Amerika Serikat, kata dia, rakyat Indonesia lebih disiplin.

Kedisiplinan orang Indonesia menggunakan masker, lanjut dia, juga tampak dalam perhelatan KTT G-20 di Kota Roma, Italia pada akhir Oktober lalu. Budi melihat sendiri bahwa rombongan Indonesia lebih disiplin menggunakan masker.

"Bapak Presiden Jokowi di sana (KTT G-20) termasuk yang paling disiplin menggunakan masker. Coba saja lihat video-videonya," kata Budi.

Menurut Budi, kedisiplinan rakyat Indonesia menggunakan masker hanya kalah dibanding masyarakat China. "Mereka (warga China) ketat sekali disiplinnya," ujarnya.

Laju penularan Covid-19 di Indonesia sudah melandai dalam empat bulan terakhir. Jika pada Juli lalu kasus harian bisa mencapai puluhan ribu, kini kasus harian hanya ratusan saja.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA