Sabtu 25 Dec 2021 12:30 WIB

Putin: AS Setuju Negosiasi Jaminan Keamanan Rusia pada Januari

AS memberi reaksi positif terhadap proposal Rusia tentang jaminan keamanan.

 Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat berbicara selama konferensi pers tahunannya di Moskow, Rusia, Kamis, 23 Desember 2021.
Foto: AP/Alexei Nikolsky
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat berbicara selama konferensi pers tahunannya di Moskow, Rusia, Kamis, 23 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis mengumumkan bahwa Amerika Serikat (AS) setuju untuk memulai pembicaraan tentang jaminan keamanan bagi Rusia awal tahun depan di Jenewa. Berbicara pada konferensi pers di Moskow, Putin menilai sejauh ini, AS memberikan reaksi positif terhadap proposal Rusia tentang jaminan keamanan.

"Mitra Amerika kami mengatakan mereka siap untuk memulai negosiasi ini pada awal tahun depan di Jenewa," kata presiden Rusia.

Baca Juga

"Tanpa trik apa pun, kami hanya mengajukan pertanyaan bahwa seharusnya tidak ada lagi gerakan NATO ke timur."

Ditanya apakah Rusia akan memberikan jaminan non-invasi ke Ukraina jika pembicaraan tentang jaminan keamanan dimulai, Putin mengatakan, "Tindakan kami akan tergantung pada hasil konkrit dari pembicaraan."

Bulan lalu, Putin meminta NATO untuk memulai pembicaraan yang bertujuan untuk memberi Rusia jaminan keamanan jangka panjang yang dapat diandalkan, mengikat secara hukum.

Sumber, https://www.aa.com.tr/id/dunia/putin-as-setuju-negosiasi-jaminan-keamanan-rusia-pada-januari/2456196.

Pada 15 Desember, Yury Ushakov, penasihat presiden Rusia untuk masalah kebijakan luar negeri, mengumumkan bahwa negaranya menyerahkan rancangan proposal kepada AS dan NATO, dan dua hari kemudian, Kementerian Luar Negeri Rusia menerbitkan teks rancangan perjanjian, yang disarankan oleh Rusia.

sumber : Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement