Jumat 24 Dec 2021 10:41 WIB

Peringati Hari Ibu, Guru Besar UI Ini Raih Rekor MURI

rekor MURI sebagai guru besar wanita pertama dan termuda di bidang kebijakan pajak.

Guru besar UI Haula Rosdiana menerima penghargaan MURI
Foto: istimewa
Guru besar UI Haula Rosdiana menerima penghargaan MURI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peringatan Hari Ibu tahun ini memiliki makna berarti dalam kehidupan Haula Rosdiana. Pada perayaan Hari Ibu yang dilakukan setiap 22 Desember, wanita kelahiran Bogor, 5 Januari 1971, ini mendapatkan rekor MURI sebagai guru besar wanita pertama dan termuda di bidang kebijakan pajak.

Haula pun menandai prosesi tersebut dengan menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Inspirasi Penguatan Peran Perempuan dalam Mencerdaskan Kehidupan bangsa”. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya pajak buat eksistensi negara.

“Kalau bahasa seorang filosof pajak mengilustrasikan pajak itu adalah nadi negara, maka saya katakana menurut saya pajak adalah darah negara. Jadi pajak adalah nyawa yang menentukan eksistensi negara,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (24/12).

Haula mendapatkan gelar profesor ini untuk bidang ilmu kebijakan pajak pada Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Ia mengatakan pajak itu menjadi kunci termudah bagi negara untuk mendapatkan income tanpa harus meminjam dan membayar bunga.

“Di situlah negara sangat membutuhkan pajak,” ujar wanita yang menjadi Ketua Kluster Riset UI Politik Perpajakan, Kesejahteraan dan Ketahanan Nasional ini.

Haula juga menjelaskan kegiatan yang digelar bertepatan dengan hari ibu ini dilakukan karena menyimpan makna khusus. Ia mengatakan semua manusia itu lahir dari rahim ibu. Lalu rahim kalau dilihat dari sifat ketuhanan bisa diartikan sebagai kasih sayang yang tak pernah kenal lelah.

“Jadi peran perempuan itu kasih sayang, dalam arti kepekaan sosial dan empati. Ini kalau dikembangkan akan melahirkan perpajakan yang berkeadilan sosial,” katanya.

Pencapaian Haula ini mendapat tanggapan dan pujian dari berbagai tokoh penting di negeri ini. Diantaranya Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kasad Jend. Dudung Abdurachman, Menteri Tenaga kerja Ida Fauziah, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Jaya Suprana, Anwar Fuadi, Maia Estianty hingga teman-teman sejawat baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus dan lain-lain.

“Selamat kepada Haula Rosdiana. Selamat hari Ibu, teruslah menginspirasi dan menguatkan peran perempuan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Iriana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement