Kamis 23 Dec 2021 06:05 WIB

Pengabdian Masyarakat, Uhamka Kembangkan Eduekowisata Curug Go’ong

Pelatihan bertujuan agar kawasan wisata Curug Go’ong punya pemandu wisata kompeten.

 Tim pengabdian kepada masyarakat Uhamka) melaksanakan pendampingan kegiatan eduekowisata terhadap masyarakat Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.
Foto: Dok Uhamka
Tim pengabdian kepada masyarakat Uhamka) melaksanakan pendampingan kegiatan eduekowisata terhadap masyarakat Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR – Tim pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA (PKM Uhamka) melaksanakan pendampingan kegiatan eduekowisata terhadap masyarakat Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat. Hal itu didasari oleh adanya potensi wisata alam Curug Go’ong di kawasan yang merupakan desa penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, tersebut.

Ketua tim pelaksana kegiatan pengabdian ini, Dr Lelly Qodariah MPd  menjelaskan   tahapan demi tahapan berjalannya program kemasyarakatan ini. Dosen sekaligus wakil rektor III Uhamka itu menyampaikan bahwa kegiatan ini berisi program pelatihan eduekowisata. Adapun rangkaiannya, terdapat empat program yang dilaksanakan secara maraton.

“Pertama, tim Uhamka melaksanakan sosialisasi kegiatan pendampingan eduekowisata pada Rabu  (16/12). Kedua, kami melakukan pelatihan konservasi di SDN Gekbrong 3, pada Kamis (17/12). Alhamdulillah kedua agenda ini berjalan lancar,” ungkap Lelly dalam rilis yang diterima Republika.co.id,  Selasa (21/12).

Dia melanjutkan, selain memberikan sosialisasi dan edukasi, tim Uhamka juga memberikan pelatihan merancang dan mengaplikasikan website dalam mempromosikan Curug Go’ong. Pelatihan website Curug Go’ong, kata dia, dilaksanakan pada Sabtu (18/12).

“Pelatihan website ini direalisasikan sebagai sarana informasi untuk wisatawan dan sarana pemasaran bagi pengelola wisata. Kami berharap dengan adanya pelatihan ini pemuda dan masyarakat sekitar mampu mengelola dan mengembangkan website dan menjadikan  wisata Curug Go’ong menjadi lebih ramai pengunjung dan lebih baik,” ujar Lelly.

Tak hanya sampai di situ, tim pengabdian Uhamka juga memberikan pelatihan khusus bagi masyarakat untuk bisa menjadi pemandu lokal (local guide) yang akan memandu para wisatawan atau pengunjung yang hadir. “Pelatihan local guide dilaksanakan pada Senin (20/12). Ini penting, supaya masyarakat lebih melek, terampil, dan bisa memanfaatkan potensinya,” kata Lelly. 

Pelatihan ini, dia mengeklaim, dilakukan agar kawasan wisata Curug Go’ong memiliki pemandu wisata yang berkompeten. Sebab, ini menjadi peluang yang baik untuk masyarakat sekitar Curug Go’ong. Dengan begitu, dia berharap hal ini bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat sekitar.

Tim pengabdian masyarakat Uhamka yang terjun dalam pengabdian kali ini, yaitu ketua Dr Lelly Qodariah MPd, kemudian anggota yang terdiri atas Agus Pambudi Dharma  MSi, Sri Lestari Handayani MPd, dan Prima Mutia Sari MPd. Secara keseluruhan, kegiatan ini dilaksanakan pada 13-22 Desember 2021 meliputi perbaikan dan pembuatan homestay, pembuatan papan arah dan imbauan di lokasi wisata, pembuatan website Curug Goong, serta pembuatan spot berfoto untuk para pengunjung yang ingin berselfie.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement