Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Seorang Pezina Nikahi Orang Saleh dan Salehah, Bokehkah?

Kamis 23 Dec 2021 00:20 WIB

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Seorang Pezina Nikahi Orang Shaleh dan Shalehah, Bokehkah?. Foto; Bunga mawar (ilustrasi)

Seorang Pezina Nikahi Orang Shaleh dan Shalehah, Bokehkah?. Foto; Bunga mawar (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Zina merupakan dosa yang sangat besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah melarang seorang mendekati zina apalagi melakukannya. Hal tersebut jelas dalam Alquran. 

Melansir laman askthescholar.com, ulama asal Kanada Syekh Ahmad Kutty menjelaskan bahwa berzina merupakan salah satu dosa besar. Dalam Alquran surat Al Isra ayat 32 dijelaskan mendekati zina bahkan dilarang.

Baca Juga

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.

Allah juga menekankan hukuman yang berat kepada pelaku zina. Dalam firman Allah surat Al Furqan ayat 68-69,

وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَٰهًا آخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَٰلِكَ يَلْقَ أَثَامًا.يُضَاعَفْ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا

dan orang-orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina; dan barang siapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat, (yakni) akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari Kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,

Namun Allah akan mengampuni dosa tersebut apabila dia bertaubat sebagaimana firman Allah dalam surat Al Furqan ayat 70,

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Kecuali orang-orang yang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Oleh karena itu, seorang pezina yang tidak pernah menyesali dosa-dosanya tidak cocok dengan wanita shalihah atau pria yang saleh. Ini akan menjadi dosa besar bagi wanita shalihah atau pria shalih untuk menikahinya karena dia tidak bisa berdamai dalam hubungannya dengan pria seperti itu.

Namun, jika dia telah bertobat dan memutuskan untuk menjalani kehidupan yang bersih, dia dapat menikahinya. Karena itu, dia tidak perlu membocorkan masa lalunya yang penuh dosa.

Sumber:

https://askthescholar.com/answerdetails?qId=68321

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA