Rabu 22 Dec 2021 13:10 WIB

Image Processing Bantu Permasalahan Bidang Pengolahan Gambar

Teknologi ini bisa dipakai untuk mengevaluasi mutu suatu produk.

Program studi (prodi) Ilmu Komputer (S2) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM), mengadakan kegiatan virtual workshop for image processing.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Program studi (prodi) Ilmu Komputer (S2) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM), mengadakan kegiatan virtual workshop for image processing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Image processing bantu permasalahan bidang pengolahan gambar. Perkembangan teknologi, memberikan kemudahan bagi manusia dalam beraktivitas. Seperti halnya teknologi dalam bidang image processing, yang sampai saat ini, terus mengalami perkembangan dengan tujuan membantu manusia dalam bekerja. 

Program studi (prodi) Ilmu Komputer (S2) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM), mengadakan kegiatan virtual workshop for image processing dengan tema: “Python Applications to Support Image Processing”. Kegiatan digelar pada Minggu (19/12) secara daring dengan menghadirkan Risnandar, selaku trainer yang merupakan seorang research center for Informatics LIPI bidang image processing.

Eni Heni Hermaliani, selaku ketua panitia mengatakan, Prodi Ilmu Komputer membekali mahasiswa dalam rangka menyelesaikan penelitian, untuk kebutuhan tesis khususnya, dengan menggelar kegiatan virtual workshop for image processing.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai penelitian di bidang image processing, menggunakan bahasa pemrograman python,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (20/12). 

Sementara itu, narasumber Risnandar, menyampaikan image processing merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan di bidang pengolahan gambar. 

“Salah satu bahasa pemograman yang sedang tren untuk digunakan dalam bidang image processing adalah Python. Bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman tinggi yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multiguna, secara langsung (interpretatif) dengan metode orientasi objek,” katanya dalam materi yang disampaikan, Minggu (19/12).

Ia melanjutkan, bahasa pemrograman python ini telah banyak dipakai salah satunya untuk melakukan image processing. Contoh pengolahan citra digital dalam kehidupan sehari-hari yaitu melakukan pengolahan gambar atau foto digital menggunakan aplikasi pengolahan citra.

“Dengan image processing, maka teknologi visual yang dipakai untuk mengamati dan menganalisis sebuah objek tanpa berhubungan secara langsung dengan objek yang diamati. Teknologi ini bisa dipakai untuk mengevaluasi mutu suatu produk tanpa merusak produk itu sendiri,” jelasnya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement