Senin 20 Dec 2021 06:47 WIB

NASA Ungkap Rahasia Kawah Jezero, Bekas Danau Purba di Mars

Ilmuwan menemukan molekul organik di batuan kawah Jezero.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.
Foto: nasa

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Rover Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) membuat temuan yang menarik tentang lokasi yang dijelajahi di Mars, kawah Jezero. Temuan ini membantu para ilmuwan memahami lebih banyak tentang wilayah ini dan sejarah geologisnya.

Dua temuan utama adalah bahwa bebatuan di kawah Jezero telah beberapa kali terkena air dan beberapa mengandung molekul organik. Molekul organik ini dapat terbuat melalui proses biologis atau non-biologis.

Molekul organik ini tidak mengonfirmasi bahwa kehidupan ada di sana. Namun, molekul ini adalah pertanda baik jika pernah ada kehidupan di sana.

Selain itu, tim telah menemukan bahwa batuan di kawah itu beku, terbentuk dari aliran lava atau magma. Ini menjawab pertanyaan besar tentang komposisi kawah, karena peneliti sebelumnya tidak yakin apakah batuan di sana beku atau sedimen.

“Saya mulai putus asa karena kami tidak akan pernah menemukan jawabannya,” kata Ilmuwan Proyek Perseverance Ken Farley dari Caltech dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Digital Trends, Ahad (19/12).

“Tetapi kemudian instrumen PIXL kami melihat dengan baik dengan terkelupas batu dari daerah yang dijuluki ‘South Seitah’, dan semuanya menjadi jelas: Kristal di dalam batu menyediakan senjata asap.”

PIXL atau Instrumen Planet untuk Litokimia Sinar-X, menggunakan sinar-X untuk menganalisis batuan dan mengetahui komposisinya. Penggunaan PIXL pada sampel tertentu yang disebut “Brac” menunjukkan struktur khas yang menunjukkan batuan beku.

“Mahasiswa geologi yang baik akan memberi tahu Anda bahwa tekstur seperti itu menunjukkan batuan yang terbentuk ketika kristal tumbuh dan mengendap di magma yang mendingin perlahan-misalnya, aliran lava yang tebal, danau lava, atau ruang magma,” kata Farley.

Analisis ini juga menegaskan bahwa bebatuan telah bersentuhan dengan air, menambah lebih banyak bukti pada asumsi bahwa kawah Jezero adalah situs sebuah danau purba. Para peneliti masih memperdebatkan secara pasti berapa lama air hadir di situs ini, sehingga temuan ini berkontribusi untuk memahami sejarah wilayah tersebut.

“Batu itu kemudian diubah oleh air beberapa kali, menjadikannya harta karun yang memungkinkan para ilmuwan masa depan untuk memperkirakan peristiwa di Jezero, lebih memahami periode di mana air lebih umum di permukaannya dan mengungkapkan sejarah awal planet ini. Mars Sample Return akan memiliki banyak pilihan bagus!” ucap Farley.

Salah satu pekerjaan Perseverance adalah mengumpulkan sampel batuan dan tanah Mars, serta menyegelnya ke dalam tabung untuk dikumpulkan nanti oleh penjelajah lain dan akhirnya kembali ke Bumi dalam misi Pengembalian Sampel Mars. Ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari sampel secara lebih rinci daripada yang mungkin dilakukan oleh penjelajah.