Ahad 19 Dec 2021 05:15 WIB

Tekuk Atletico Madrid, Sevilla Pangkas Jarak Poin dengan Real Madrid

Sevilla masih terpaut lima angka dari pemuncak klasemen La Liga, Real Madrid.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Bek kiri Sevilla, Marcos Acuna (tengah) dikawal dua pemain Atletico Madrid pada laga La Liga di Stadion Sanchez Pizuan, Ahad (19/12) dini hari WIB. Sevilla menang 2-1.
Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Bek kiri Sevilla, Marcos Acuna (tengah) dikawal dua pemain Atletico Madrid pada laga La Liga di Stadion Sanchez Pizuan, Ahad (19/12) dini hari WIB. Sevilla menang 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLE -- Sevilla sukses memangkas jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara, Real Madrid, usai memetik kemenangan, 2-1, atas juara bertahan La Liga, Atletico Madrid, pada jornada ke-18 La Liga, Ahad (19/12) dini hari WIB. Gol kemenangan Sevilla dicetak Lucas Ocampos saat laga telah menginjak menit ke-88.

Tambahan tiga angka di laga kandang ini mengantarkan Sevilla kian kokoh di posisi kedua klasemen sementara, dengan raihan 37 poin dari 17 laga. Klub asal Andalusia itu memangkas jarak poin dengan Los Blancos.

Baca Juga

Sama-sama telah melakoni 17 laga, Sevilla tinggal terpaut lima poin dari Madrid. Kemenangan atas Los Rojiblancos itu juga terbukti krusial buat Sevilla untuk menjauh dari pesaing-pesaing terdekatnya.

Sevilla unggul empat poin dari peringkat ketiga, Real Betis, dan tujuh poin dari Rayo Vallecano, yang duduk di posisi keempat. Bahkan, Sevilla mampu mengantongi keunggulan dari Atletico Madrid, yang berada di peringkat kelima.

Buat Los Rojiblancos, kekalahan ini menjadi kekalahan ketiga secara beruntun di pentas Liga Spanyol. Di dua laga sebelumnya, tim besutan Diego Simeone itu dibungkam Real Mallorca dan Real Madrid.

Langkah Los Rojiblancos untuk mempertahnakan titel La Liga musim ini pun semakin berat lantaran telah mengantongi selisih 13 angka dengan Los Blancos selaku pemuncak klasemen sementara. Jalannya Laga Kedua tim langsung saling jual-beli serangan begitu laga di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan ini digelar.

Baik Sevilla ataupun Atletico Madrid sepertinya bertekad untuk lebih dulu mencuri gol. Tim tuan rumah yang akhirnya lebih dulu mencatatkan keunggulan melalui aksi Ivan Rakitic pada menit ketujuh.

Mantan gelandang Barcelona mencetak gol indah lewat sepakan dari luar kotak penalti. Bola hasil sepakan keras Rakitic bersarang mulus di pojok kanan atas gawang Atletico Madrid tanpa bisa dijangkau oleh Jan Oblak.

Gol ini lantas sedikit mengubah jalannya laga. Los Nervionenses memilih untuk bertahan dan berusaha untuk meredam serangan-serangan Los Rojiblancos.

Kondisi ini mampu terus dipertahankan Sevilla setidaknya hingga menit ke-34. Atletico Madrid bisa mencuri gol yang diawali dari eksekusi bola mati, tepatnya dari sepak pojok.

Bek tengah asal Brasil, Felipe, menyambar bola hasil sepak pojok Thomas Lemar yang diarahkan tepat ke depan mulut gawang Sevilla. Felipe dengan timing tepat mampu memenangi duel udara dengan salah satu penggawa Sevilla.

Bola pun meluncur deras ke dalam gawang tim tuan rumah. Gol penyeimbang kedudukan itu menjadi gol terakhir yang tercipta pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, memutuskan untuk memasukan Joao Felix. Pemain asal Portugal itu menggantikan Angel Correa di lini depan.

Kehadiran Felix ini diharapkan bisa membawa variasi baru dalam serangan juara bertahan La Liga tersebut. Begitu pula dengan keputusan pelatih Sevilla, Julen Lopetegui, dengan menarik keluar Ivan Romero dan menggantikannya dengan Rafa Mir pada lima menit awal babak kedua.

Namun, hingga pertengahan babak kedua, keputusan pergantian pemain itu belum memberikan dampak signifikan pada permainan kedua tim. Lini serang Atletico Madrid ataupun Sevilla masih belum bisa memecahkan kebuntuan.

Dari segi penguasaan bola, catatan kedua tim terlihat tidak jauh berbeda. Atletico Madrid hanya unggul satu persen dalam hal penguasaan bola.

Laga lebih sering diwarnai oleh ketatnya duel perebutan bola di lapangan tengah. Kendati begitu, Los Rojiblancos tercatat lebih sering memberikan ancaman ke gawang tim tuan rumah dengan melepaskan 11 tembakan, termasuk tiga tembakan tepat ke arah gawang.

Sedangkan, Sevilla hanya mencatatkan tiga tembakan dengan satu tembakan tepat mengarah ke gawang. Sementara Atletico Madrid kesulitan menemukan celah di pertahanan tim tuan rumah, Sevilla belum mampu menyelesaikan skema serangan balik cepat ataupun keuntungan via eksekusi bola mati.

Situasi ini terus bertahan hingga laga memasuki 10 menit akhir laga. Kebuntuan pada sepanjang babak kedua akhirnya pecah pada menit ke-88. Salah satu pemain Sevilla berhasil menanduk bola hasil sepak pojok.

Bola pun sempat membentur mistar gawang. Lucas Ocampos langsung menyambar bola pantulan tersebut dengan tendangan voli. Sepatnya laju bola tidak bisa dihentikan oleh Jan Oblak. Gol Ocampos tersebut akhirnya menjadi gol kemenangan Sevilla atas Atletico Madrid.

Susunan Pemain:

Sevilla (4-3-3) Pelatih: Julen Lopetegui Kiper: Bounou Belakang: Montiel, Kounde, Diego Carlos, Rekik Tengah: Jordan, Rakitic, Delaney Depan: Ocampos, Romero, Papu Gomez

Atletico Madrid (3-1-4-2) Pelatih: Diego Simeone Kiper: Oblak Belakang: Felipe, Kondogbia, Hermoso Tengah: Koke; Carrasco, Llorente, Lemar, Trippier Depan: Correa, Suarez

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement