Capaian Vaksinasi di Purbalingga Sudah 72,34 Persen

Red: Muhammad Fakhruddin

Warga menunggu giliran vaksinasi COVID-19 yang diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas di Pendopo Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021). Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga melakukan percepatan program vaksinasi dengan menyasar warga usia 18 tahun ke atas sebagai upaya mengendalikan penyebaran COVID-19.
Warga menunggu giliran vaksinasi COVID-19 yang diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas di Pendopo Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (21/6/2021). Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga melakukan percepatan program vaksinasi dengan menyasar warga usia 18 tahun ke atas sebagai upaya mengendalikan penyebaran COVID-19. | Foto: ANTARA/Idhad Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat hingga kini tercatat 72,34 persen dari target sasaran.

"Sebanyak 563.300 warga di daerah setempat sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai. Jumlah tersebut berarti 72,34 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga dr. Jusi Febrianto di Purbalingga, Jumat (17/12).

Selain itu, dia menambahkan bahwa per hari ini cakupan vaksinasi bagi kelompok lansia di wilayah setempat juga terus mengalami peningkatan. "Total vaksinasi bagi lansia 62.107 atau telah mencapai 62,81 persen dari target 98.887 sasaran lansia di wilayah ini," katanya.

Dia menambahkan bahwa capaian vaksinasi di Purbalingga terus meningkat secara signifikan sesuai dengan target yang diharapkan. Pemkab Purbalingga sebelumnya menargetkan pada pertengahan Desember 2021 dapat mengejar target 70 persen capaian vaksinasi di wilayah itu.

Bila melihat dari capaian vaksinasi saat ini, kata dia, berarti target 70 persen cakupan vaksinasi telah tercapai. Meskipun sudah melampaui angka 70 persen lebih, namun Pemkab Purbalingga, kata dia, terus melakukan percepatan program vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat.

"Tentunya ini memerlukan upaya maksimal dan dukungan penuh dari masyarakat di wilayah ini," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga terus memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan seluruh instansi terkait guna mempercepat program vaksinasi di wilayah itu. "Hingga kini kami juga masih terus memperkuat sinergi dengan sejumlah pihak terkait, khususnya dengan TNI, Polri dan berbagai pihak lainnya," katanya.

Pihaknya, kata dia, kembali mengingatkan warga yang belum disuntik vaksin untuk segera mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat. "Warga juga bisa menghubungi kader kesehatan, seperti bidan desa. Selain itu juga bisa menghubungi babinsa atau bhabinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing," katanya.

Masyarakat, kata dia, perlu berperan aktif menyukseskan program vaksinasi di wilayah itu dan tidak perlutakut disuntik vaksin karena sangat aman dan dapat melindungi.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Madiun Capai 68,08 Persen

Mendagri Minta Pemda Segera Kejar Target Vaksinasi

UID dan Gajah Tunggal Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Tangerang 

Omicron, Epidemiolog Nilai Belum Ada Urgensi Vaksin Booster

AS akan Sumbangkan 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Afghanistan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark