Kamis 16 Dec 2021 22:10 WIB

Bangkitkan Ekonomi, UMKM Kota Sukabumi Dilatih Trik Pemasaran Produk

Pelaku usaha kecil dan menengah harus memiliki kepekaan dalam menangkap peluang.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
(ilustrasi) Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mempromosikan produk UMKM melalui media sosiap dengan program Etalase Kita, Selasa (9/2)
Foto: istimewa
(ilustrasi) Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mempromosikan produk UMKM melalui media sosiap dengan program Etalase Kita, Selasa (9/2)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam cara dilakukan untuk membangkitkan ekonomi dari dampak pandemi. Salah satunya dengan mendorong pelaku UKM mengetahui trik dalam pemasaran produk di pasaran.

Upaya itu di Kota Sukabumi dilakukan dengan menggelar seminar virtual yang mengambil tema tips dan trik memasarkan produk UMKM, Kamis (16/12). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kliksukabumi.id.

Baca Juga

'' Diperlukan beberapa strategi yang harus di tempuh oleh para pelaku UMKM setelah dunia dihadapkan pada pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun ini,'' ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami yang menjadi keynote speech dalam acara tersebut.

Pada masa pandemi ini, pelaku usaha kecil dan menengah harus memiliki kepekaan dalam menangkap peluang. Terutama dalam pemasaran produk diantaranya dengan media teknologi informasi atau media lainnya.

Masa pandemi ungkap Andri, dapat dikatakan sebagai ujian berat bagi pelaku usaha. '' bagaimana pelaku usaha, baik yang sudah lama ataupun yang baru memulai usaha rintisan, dipaksa utuk bertahan melawan kondisi pandemi Covid-19,'' kata dia.

Data Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi menyebutkan, jumlah UMKM di Kota Sukabumi mencapai sekitar 70 ribu. Jumlah ini berdasarkan data penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement