Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Trump: Netanyahu tak Pernah Ingin Damai dengan Palestina

Selasa 14 Dec 2021 09:17 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih

Trump mengatakan Netanyahu tidak pernah ingin berdamai dengan rakyat Palestina.

Trump mengatakan Netanyahu tidak pernah ingin berdamai dengan rakyat Palestina.

Trump mengatakan Netanyahu tidak pernah ingin berdamai dengan rakyat Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, TRENTON - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa dia tidak berpikir mantan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu pernah serius menandatangani kesepakatan damai dengan Palestina.

"Saya tidak berpikir Bibi pernah ingin berdamai," kata Trump kepada jurnalis berita Axios, Barak Ravid dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Senin.

Baca Juga

"Saya pikir dia baru saja mengetuk kami. Cukup ketuk, ketuk, ketuk, Anda tahu?". Dia mengacu pada Netanyahu menggunakan nama panggilannya [Bibi].

Kritik Trump datang setelah pernyataan mantan perdana menteri Israel pekan lalu, ketika dia mengatakan Netanyahu tidak setia karena dia berani memberi selamat kepada Presiden AS Joe Biden atas kemenangan pemilihannya pada November tahun lalu.

Dia membuat tuduhan itu dalam wawancara yang sama. Trump terus mengungkapkan bahwa hasil pemilihan itu palsu, dicurangi ,dan dia pemenang sebenarnya. Trump mengatakan dia dapat membaca pola pikir tidak damai Netanyahu seperti membaca sebuah buku.

“Seluruh hidup saya adalah kesepakatan. Saya seperti satu masalah besar," kata Trump kepada Ravid, yang melakukan wawancara untuk sebuah buku tentang Trump dan Timur Tengah.

"Dan setelah bertemu dengan Bibi selama tiga menit... Aku menghentikan Bibi di tengah kalimat. Aku berkata, 'Bibi, kamu tidak ingin membuat kesepakatan. Benarkah?' Dan dia berkata, 'Yah, uh, uh uh' — dan faktanya, menurutku Bibi tidak pernah ingin membuat kesepakatan."

Ravid juga mengatakan Trump mengatakan kepadanya bahwa Presiden Otoritas Nasional Palestina Mahmoud Abbas bukanlah penghalang jalan menuju perdamaian dan dia sangat memuji Abbas.

“Saya pikir dia hebat,” kata Trump tentang Abbas. “Dia hampir seperti seorang ayah. Tidak mungkin lebih baik. Saya pikir dia ingin membuat kesepakatan lebih dari Netanyahu."

Trump bukan presiden AS pertama yang mengidentifikasi Netanyahu sebagai penghalang di jalan menuju perdamaian. Mantan presiden Bill Clinton mengatakan dalam sebuah wawancara pada 2014 bahwa Bibi tidak mungkin menjadi "orang" yang menyetujui kesepakatan damai, sementara Barack Obama telah memiliki hubungan tegang dengan mantan pemimpin Israel.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/trump-netanyahu-tak-pernah-inginkan-perdamaian-dengan-palestina/2446666
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA