Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Pembalap F1 Dorong Masyarakat Vaksinasi Covid-19

Sabtu 11 Dec 2021 18:16 WIB

Red: Ratna Puspita

Sejumlah pembalap Formula 1 seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang bertarung untuk gelar juara dunia musim ini, mendorong masyarakat agar melakukan vaksinasi melawan Covid-19.

Sejumlah pembalap Formula 1 seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang bertarung untuk gelar juara dunia musim ini, mendorong masyarakat agar melakukan vaksinasi melawan Covid-19.

Foto: EPA-EFE/STR
Tercatat tujuh pembalap pernah terinfeksi Covid-19, di antaranya Lewis Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Formula 1 akan menuju balapan penutup musim di Abu Dhabi. Sejumlah pembalap Formula 1 seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang bertarung untuk gelar juara dunia musim ini, mendorong masyarakat agar melakukan vaksinasi melawan Covid-19. 

"Kami kembali melakukan hal yang kami cintai tapi Covid belum hilang," kata Hamilton, yang sempat melewatkan balapan di Bahrain tahun lalu karena terinfeksi virus corona, dalam video yang dirilis F1 pada Sabtu (11/12).

Baca Juga

"Tolong lakukan bagian kalian," kata Verstappen.

"Dapatkan vaksin, saya rasa itu hal yang masuk akal," kata juara dunia empat kali Sebastian Vettel.

"Kita harus bersatu dalam hal ini dan kita harus senasib sepenanggungan," kata juara dunia dua kali Fernando Alonso.

Pembalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen, yang akan pensiun di akhir musim ini, tidak tampil di video yang berisi pesan dari 19 pembalap itu. Juara dunia 2007 asal Finlandia itu terkena Covid-19 pada September dan melewatkan dua balapan musim ini.

CEO F1 Stefano Domenicali mengatakan, vaksin dan booster adalah jalan keluarnya. "Kita harus menjaga keselamatan setiap orang dan melangkah ke depan. Saya telah divaksin dan mendapat booster dan mengajak setiap orang untuk melakukan hal yang sama. Formula 1 maju ke depan, dan kami meminta setiap orang memainkan peran mereka," kata Domenicali.

F1 beroperasi dalam gelembung dengan menerapkan tes reguler sejak tahun lalu meskipun protokol kesehatan sudah dilonggarkan dan sejumlah besar fan diizinkan menonton langsung di sirkuit. Sejauh ini, tercatat tujuh pembalap pernah terinfeksi Covid-19, yaitu Hamilton, Sergio Perez, Charles Leclerc, Pierre Gasly, Lando Norris, Lance Stroll dan Raikkonen.

Formula 1 akan menjalani balapan penentuan gelar juara dunia di saat Hamilton dan Verstappen menuju balapan penutup musim di Abu Dhabi dengan raihan skor sama. Namun, sang pembalap Belanda unggul jumlah kemenangan 9-8 dari sang rival dari Inggris.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA