Sabtu 11 Dec 2021 18:55 WIB

Tahun Depan, Gim Android Bisa Dimainkan di PC Windows

Gim Android akan bisa dimainkan di lebih banyak platform.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Playstore. Ilustrasi. Google telah mengumumkan bahwa aplikasi Google Play terbaru akan hadir di PC Windows mulai tahun depan.
Foto: Ubergizmo
Playstore. Ilustrasi. Google telah mengumumkan bahwa aplikasi Google Play terbaru akan hadir di PC Windows mulai tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah mengumumkan bahwa aplikasi Google Play terbaru akan hadir di PC Windows mulai tahun depan. Hal ini memungkinkan orang-orang untuk mengakses game Android di laptop, maupun komputer desktop. 

Pengumuman dibuat oleh Google pada Kamis (9/12) lalu. Perusahaan mengatakan bahwa aplikasi akan berkembang di luar perangkat Android dan ChromeOS.

Baca Juga

“Mulai pada 2022, pemain akan dapat merasakan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat, beralih dengan mulus antara ponsel, tablet, Chromebook, dan segera, PC Windows,” ujar Greg Hartrell selaku direktur produk Google untuk game di Android dan Google Play, dilansir Trusted Reviews, Sabtu (11/12).

Hartell mengatakan bahwa produk buatan Google tersebut menghadirkan yang terbaik dari Google Play Game ke lebih banyak laptop dan desktop. Dengan demikian, raksasa teknologi tersebut mengaku sangat senang dapat memperluas platform bagi orang-orang, secara khusus para gamer untuk lebih menikmati game Android favorit mereka.

Menurut sebuah laporan dari The Verge, Google sebenarnya telah membangun aplikasi PC sendiri daripada bermitra dengan Microsoft atau perusahaan lain. Google juga menekankan bahwa game Android akan berjalan secara lokal di Windows. 

Dengan demikian, orang-orang tidak perlu melakukan streaming melalui cloud seperti dengan Google Stadia. Selain itu, Microsoft juga sudah memiliki rencana untuk membawa aplikasi Android ke PC dengan Windows 11.

Namun, Microsoft memilih untuk melakukannya melalui bekerjasama dengan Amazon. Ini berarti orang-orang akan dapat mengunduh dan menginstal game dari Amazon Appstore, tetapi tidak yang tersedia secara eksklusif di Google Play store, yang dapat membatasi opsi atau pilihan.

Microsoft mengumumkan fitur Windows 11 awal tahun ini dan aplikasi Android secara resmi tersedia untuk Windows Insiders yang menjalankan preview build pada Oktober.  Microsoft di Blog Windows mengatakan bahwa menjalankan aplikasi dan game Android di Windows 11 akan terasa tidak asing, mudah, dan terintegrasi seperti diharapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement