Jumat 10 Dec 2021 09:44 WIB

Tertarik Buat Film Pendek? Yuk Kenali Proses Pembuatannya

Kegiatan ini bekerja sama dengan Volks Creative dengan pembicara Satrio Pamungkas

Film pendek merupakan sebuah film yang berdurasi pendek, dengan cerita yang dibuat lugas dan singkat. Dalam film, menampilkan satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh maupun subjek tertentu, yang mencerminkan suatu tema.
Foto: istimewa
Film pendek merupakan sebuah film yang berdurasi pendek, dengan cerita yang dibuat lugas dan singkat. Dalam film, menampilkan satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh maupun subjek tertentu, yang mencerminkan suatu tema.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Film pendek merupakan sebuah film yang berdurasi pendek, dengan cerita yang dibuat lugas dan singkat. Dalam film, menampilkan satu situasi yang terjadi dalam kehidupan tokoh maupun subjek tertentu, yang mencerminkan suatu tema.

Sebagai upaya dalam menambah ilmu dan wawasan mengenai proses produksi film pendek, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui Fakultas Komunikasi dan Bahasa, Program Studi (prodi) Penyiaran, mengadakan seminar bertajuk ‘Manajemen Produksi dan Strategi Produksi Film Pendek’, yang diikuti oleh para dosen dan mahasiswa/i prodi penyiaran semester tiga, secara daring, melalui zoom, pada Senin (06/12). 

Baca Juga

Kegiatan ini bekerja sama dengan Volks Creative dengan pembicara Satrio Pamungkas, selaku Founder yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam industri film pendek dan projek-projek audio visual. 

Sebagai seorang yang sudah punya berbagai pengalaman di dunia film, Satrio menjelaskan gambaran mengenai struktur film, baik dari pembagian Squence, Scene, dan Shot. Pengembangan pembentukan ide, dalam pembuatan film yang dapat ditemui dimana saja, hingga ketahap penulisan naskah film pendek.

“Sesuai dengan namanya, film pendek merupakan film yang berdurasi pendek, simpel dan memiliki nuansa yang kompleks. Dalam membuat film, tentunya kita harus mengetahui bagian dalam film tersebut, hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk memproduksi film pendek,” jelas Satrio.

Tidak hanya memberikan pemahaman seputar film pendek, dalam pemaparannya, ia juga memberikan beberapa potongan shot, sehingga peserta yang hadir tidak hanya menyimak, namun juga memahami secara mendalam terkait film pendek.

“Agar lebih paham lagi mengenai film pendek, peserta diberikan beberapa potongan shot yang memiliki makna bahwa, film pendek tidak harus rumit, tetapi harus memiliki visi dan misi cerita yang jelas,” imbuhnya.

Sebagai seorang yang telah ahli dalam produksi film, Satrio juga membagi pengalamannya, ketika memproduksi film disaat kondisi pandemi Covid-19 menggila. Salah satu film hasil produksinya berjudul “Kau dan Dia” yang dibintangi oleh Anneth Delliecia, Zara Leola, dan Ari Irham.

Baca juga : Srimulat: Hil yang Mustahal Umumkan Deretan Pemainnya

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement