Kamis 09 Dec 2021 10:11 WIB

Sri Mulyani Kembali Masuk Jajaran Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Tahun ini Sri Mulyani menduduki peringkat 66 atau naik dari tahun lalu, peringkat 78.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021.
Foto: istimewa
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes 2021. Mengutip Forbes, Kamis (9/12) Sri Mulyani masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh. 

Pada 20 Tak hanya Sri Mulyani, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Tbk Nicke Widyawati menduduki peringkat 27, sedangkan pada 2020, posisinya bertengger urutan ke 25.

Baca Juga

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati masuk dalam daftar yang sama dengan beberapa tokoh penting di dunia. Peringkat pertama dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia pada  2021 jatuh kepada mantan istri Jeff Bezos dan seorang penulis, Mackenzie Scott.

Kemudian peringkat kedua ada Wakil Presiden AS, Kamala Harris. Kamala Harris merupakan wanita berkulit hitam pertama yang menjadi wapres di Amerika Serikat.

Christine Lagarde menempati posisi ketiga, dia merupakan Presiden Bank Sentral Eropa. Mantan istri Bill Gates, Melinda French Gates menempati posisi kelima.

Lalu, ada nama-nama terkenal lainnya, seperti Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi peringkat ke-15, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva peringkat 22, dan selebriti sekaligus pengusaha Oprah Winfrey posisi ke 23.

Forbes memiliki penilaian ketika menyusun daftar tersebut. Menurut Forbes, masuknya wanita-wanita itu dalam daftar bukan cuma soal uang atau kekuatan posisinya masing-masing. Mereka juga menggunakan platform publik dan suara beberapa hal berpengaruh.

"Orang-orang dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia  berasal dari 30 negara dan wilayah dan bekerja bidang keuangan, teknologi, politik, filantropi, hiburan, dan banyak lagi, mereka disatukan oleh rasa kewajiban," ucap Forbes.

Sebagai informasi, tahun ini merupakan tahun ke-18 Forbes merilis daftar tahunan 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia. Tercatat sebanyak 40 orang di antaranya merupakan CEO perusahaan dan 19 orang pemimpin global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement