Kamis 09 Dec 2021 05:44 WIB

GP Abu Dhabi: Siapa Juara Dunia F1 2021, Hamilton atau Verstappen?

Lewis Hamilton dan Max Verstappen punya nilai sama jelang seri akhir F1 GP Abu Dhabi.

 Pembalap Red Bull Max Verstappen (kiri) bersama pembalap Mercedes Lewis Hamilton (ilustrasi). Verstappen dan Hamilton akan berebut gelar juara Formula Satu (F1) musim ini di GP Abu Dhabi, akhir pekan ini.
Foto: AP/Fernando Llano
Pembalap Red Bull Max Verstappen (kiri) bersama pembalap Mercedes Lewis Hamilton (ilustrasi). Verstappen dan Hamilton akan berebut gelar juara Formula Satu (F1) musim ini di GP Abu Dhabi, akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhir pekan ini, penikmat balap mobil Formula Satu (F1) akan disajikan suguhan puncak dari rangkaian balap jet darat setahun ini. Di GP Abu Dhabi, mereka bisa menjadi saksi siapa yang akan tampil sebagai pemenang musim ini, juara bertahan Lewis Hamilton atau Max Verstappen. Siapa yang finis dengan poin lebih banyak di Abu Dhabi akan ditahbiskan sebagai juara. 

Setelah merampungkan 21 balapan, kedua rival itu menuju seri penutup di Sirkuit Yas Marina dengan koleksi poin sama untuk bertarung menentukan siapa yang menjadi raja musim ini. Meraih hattrick lewat kemenangan di Grand Prix Arab Saudi yang kacau balau, Hamilton telah menutup defisit delapan poin dari sang pembalap Red Bull dan akan berusaha menjaga momentumnya untuk mengukir sejarah menjadi pebalap pertama yang meraih delapan gelar juara dunia.

Baca Juga

Sedangkan Verstappen akan berupaya menghentikan dominasi pebalap Mercedes dalam tujuh tahun terakhir dan meraih titel pertama dalam kariernya. Apabila kedua pembalap gagal meraih poin di Abu Dhabi sehingga tetap memiliki poin sama, maka Verstappen akan menjadi juara dunia karena ia memiliki sembilan kemenangan, lebih banyak dari delapan yang diraih Hamilton musim ini.

Atau apabila Hamilton finis P9 dan Verstappen finis P10 dengan satu poin bonus untuk lap tercepat, maka sang pembalap Belanda akan menjadi juara dunia untuk pertama kalinya.

P10 untuk Hamilton di saat Verstappen finis di luar zona poin namun dengan lap terbaik maka sang pembalap Inggris akan menjadi juara dunia untuk kedelapan kalinya, karena poin lap tercepat hanya diberikan kepada pembalap yang finis sepuluh besar.

"Kami memiliki banyak kemenangan dan momen bagus tahun ini, dan kami jauh lebih kompetitif secara umum, dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Verstappen dikutip laman resmi tim.

"Jadi sebagai tim, kami bisa senang dan bangga dengan apa yang telah kami raih musim ini."Kami memiliki poin yang sama dan saya tahu kami sebagai tim akan mengerahkan segalanya untuk memenangi kejuaraan ini. Ini akan menjadi balapan yang menarik dan kami ingin finis musim ini sebaik mungkin."

Sirkuit Yas Marina telah mengalami sejumlah modifikasi untuk menawarkan pebalap lebih banyak kesempatan menyalip, dan Verstappen menyukainya."Trek ini sekarang jauh lebih cepat. Akan menarik melihat bagaimana itu memengaruhi setup mobil. Kualifikasi yang baik di Abu Dhabi itu penting jadi kami harap kami bisa mewujudkan itu."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement