Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Alun-Alun Bandung Ditata Agar Wisatawan Betah di Bandung

Rabu 08 Dec 2021 12:20 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Andi Nur Aminah

Seorang anak bermain di kawasan Alun-Alun Bandung, Kota Bandung (ilustrasii)

Seorang anak bermain di kawasan Alun-Alun Bandung, Kota Bandung (ilustrasii)

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kawasan Alun-Alun Kota Bandung merupakan wajah pusat kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan revitalisasi kawasan wisata Alun-Alun Kota Bandung dan sekitarnya. Diharapkan keberadaannya dapat membuat masyarakat nyaman dan aman saat berkunjung.

Pantauan, di Jalan Dalem Kaum dibangun penerangan jalan dengan ornamen khas yang memperindah kawasan. Sedangkan di Jalan Kepatihan akses jalan bagi pejalan kaki saat ini lebih luas yang diharapkan membuat nyaman.

Baca Juga

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan kawasan Alun-Alun Kota Bandung merupakan wajah pusat kota. Oleh karena itu pihaknya melakukan revitalisasi agar masyarakat yang berkunjung dapat merasa nyaman.

"Ya memang untuk daerah sini istilah pak Ema (Sekda Kota Bandung) mah pusatnya Bandung di sini ya. Jadi kawasan alun-alun ini terutama yang di Kepatihan sama alun-alun ini, saya kira ini kita buat seperti ini (revitalisasi)," ujarnya saat meresmikan kawasan tersebut, Rabu (8/12).

Ia menuturkan diharapkan kawasan alun-alun bebas dari pedagang kaki lima (PKL). Mereka yang membandel akan langsung ditertibkan oleh petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP).

"Mudah-mudahan saya harap tidak ada satupun PKL di sini, yang membandel ya ditertibkan, harus," katanya. Selain itu pengawasan akan dilakukan intensif untuk menjaga kawasan tersebut. "Untuk pengawasannya saya akan lebih intensif ya mengintruksikan kepada Satpol PP terutamanya dan unsur kewilayahan dan masyarakat kita harus menjaganya," ungkapnya.

Sekda Kota Bandung Ema Sumarna menyebut revitalisasi kawasan Alun-Alun Bandung menggunakan dana APBD dari beberapa dinas seperti Dinas Pekerjaan Umum dan DPKP3 serta Dinas Perhubungan dan kewilayahan. Namun ia mengaku tidak mengetahui detail total anggaran yang digunakan untuk revitalisasi.

"Kalau totalnya nantilah kita tanya dulu ke kepala SKPD nya bisa ke Pa Dadang bisa ke pak Didi bisa ke pa Kadishub," katanya.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengatakan petugas bersama Satpol PP Kota Bandung akan menjaga dan mengamankan kawasan Alun-Alun Bandung. Pihaknya juga akan melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadi aksi kriminal seperti pencurian.

"Kami dari Polrestabes Bandung di sini Polsek Regol ya kami akan bersama-sama dengan Satpol PP dengan Kodim untuk menjaga ini supaya tetap aman nah kalau ada yang ancaman kriminalitas seperti copet kita melakukan patroli setiap jam pergantian," katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA