Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Alquran Tulisan Tangan Berusia 700 Tahun Ditemukan di Turki

Rabu 08 Dec 2021 04:45 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Alquran Tulisan Tangan Berusia 700 Tahun Ditemukan di Turki.

Alquran Tulisan Tangan Berusia 700 Tahun Ditemukan di Turki.

Foto: Abna
Alquran tulisan tangan tersebu ditemukan di perpustakaan sekolah menengah atas.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Dua Alquran tulisan tangan yang salah satunya diperkirakan berusia 700 tahun ditemukan di perpustakaan sebuah sekolah di distrik Zile di Tokat, Turki. Alquran tersebut akan dikirim ke Direktorat Yayasan.

Direktur Pendidikan Nasional Provinsi Tokat Murat Kucukali mengatakan manuskrip Alquran tersebut ditulis tangan. Salah satunya berusia 700 tahun. Para ahli memperkirakan yang lain berusia sekitar 400 tahun karena tanggal dari halamannya hancur.

Baca Juga

"Alquran itu ditemukan di arsip perpustakaan SMA Zile Imam Hatip kami. Karya-karya itu segera disimpan untuk mencegah pembusukan atau kerusakan lebih lanjut. Kami segera menghubungi Direktorat Wilayah Yayasan. Karya-karya itu akan dikirim ke direktorat," kata Kucukali kepada kantor berita A Haber, dilansir di Abna, Senin (6/12).

"Artefak daun emas ini sangat berharga bagi kami. Para ahli telah memperkirakan nilainya. Itu sebabnya mereka segera dilindungi. Kitab-kitab itu juga penting dalam hal hadits yang tertulis di pinggirnya," tambahnya.

Kucukali mengatakan alasan mereka mengirimkan Alquran tersebut ke Direktorat Jenderal Yayasan adalah karena usia karya-karya itu sehingga mereka harus berada di bawah perlindungan organisasi tersebut. Karya Alquran kuno itu akan disimpan di Mevlevihane.

Berita ini muncul setelah penemuan baru-baru ini dari sebuah manuskrip Alquran bersejarah di Konya. Penemuan Alquran kali ini ada di tengah berlangsungnya proyek "tidak ada sekolah tanpa perpustakaan" yang digagas Kementerian Pendidikan Nasional Turki. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA