Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Lima Aplikasi Prakiraan Cuaca Terbaik

Selasa 07 Dec 2021 17:23 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti

Aplikasi prakiraan cuaca terbaik yang tersedia di Playstore dan App Store (ilustrasi).

Aplikasi prakiraan cuaca terbaik yang tersedia di Playstore dan App Store (ilustrasi).

Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Ada banyak aplikasi prakiraan cuaca yang tersedia di Playstore dan App Store.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca ekstrem yang dirasakan beberapa bulan terakhir membuat sejumlah aktivitas masyarakat terganggu. Untuk mempersiapkan adanya hujan lebat, ada banyak aplikasi prakiraan cuaca yang tersedia di Playstore dan App Store. Berikut lima aplikasi prakiraan cuaca terbaik, seperti dilansir di Cnet, Selasa (7/12):

1. The Weather Channel

Baca Juga

Salah satu aplikasi cuaca teratas untuk iOS dan Android adalah The Weather Channel. Aplikasi tersebut menawarkan prakiraan cuaca lokal setiap jam, harian, dan pekanan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur “Feels Like” untuk memberi tahu pengguna apa yang harus dipersiapkan saat meninggalkan rumah.

Selain itu, The Weather Channel juga menawarkan peringatan hujan dengan radar dan kemampuan untuk melacak alergi musiman, risiko flu, dan kasus Covid-19. Anda bisa mengunduhnya secara gratis atau bisa memilih opsi premium seharga 10 dolar AS per tahun untuk menghapus iklan.

2. Weather Underground

Weather Underground menawarkan prakiraan cuaca bersama dengan radar interaktif, peta satelit, dan peringatan cuaca buruk. Di beranda, Anda akan melihat suhu saat ini, seperti apa rasanya, tinggi dan rendah harian, serta informasi curah hujan dan angin bersama peta radar.

Jika Anda memilih pilihan “More,” Anda akan menemukan informasi tentang kelembapan, titik embun, visibilitas, indeks UV, dan wabah flu. Anda dapat menggulir ke bawah untuk menemukan prakiraan per jam dan pekanan, indeks kualitas udara, waktu matahari terbit dan terbenam, dan tab yang membawa Anda ke berita dan video prakiraan cuaca.

Aplikasi ini gratis, tetapi Anda dapat meningkatkan ke versi premium bebas iklan seharga 20 dolar AS per tahun atau empat dolar AS per bulan.

3. AccuWeather

Saat Anda membuka AccuWeather, Anda akan melihat gambaran cuaca kondisi saat ini yang dilengkapi suhu di bawah sinar matahari atau bayangan, indeks UV dan kecepatan angin. Anda juga memiliki opsi untuk memilih apakah ingin aplikasi cuaca memberitahu Anda untuk membawa jaket atau payung.

Jika Anda terus menggulir, Anda akan melihat tingkat alergi yang berbeda yang terjadi pada hari itu, seperti pada serbuk sari ragweed. Di bagian atas, Anda akan memiliki opsi untuk memeriksa suhu per jam dan harian bersama dengan peta radar. Ada juga tab berita tempat Anda dapat menonton video berita pendek.

Anda dapat meningkatkan aplikasi dengan biaya empat dolar Amerika satu kali untuk menghapus iklan dan mendapatkan perkiraan 10 hari tambahan.

4. Dark Sky

Dark Sky memiliki antarmuka yang sederhana, yaitu halaman beranda yang menunjukkan suhu dan memberikan prediksi cuaca untuk sisa siang atau malam hari. Selain itu, Anda juga dapat menemukan prakiraan cuaca untuk sisa pekan ini dan mengakses cuaca di wilayah Anda dari masa lalu atau depan.

Fitur yang hanya dimiliki Dark Sky adalah peta dunia interaktif yang memungkinkan Anda memperbesar dan memperkecil berbagai negara, negara bagian, dan kota untuk melacak radar, prakiraan, dan curah hujan. Sayangnya, Dark Sky diakuisisi oleh Apple sehingga aplikasi hanya tersedia bagi pengguna iPhone.

5. Info BMKG

Info BMKG merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Aplikasi yang paling relevan bagi warga Indonesia ini menghadirkan semua informasi tentang prakiraan cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi yang terjadi di berbagi wilayah Indonesia.

Selain itu, Info BMKG juga memberikan informasi cuaca bandara dan maritim perairan di seluruh wilayah Indonesia. Anda dapat mengunduh secara gratis di App Store atau Playstore. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA