Selasa 07 Dec 2021 15:20 WIB

Tagana DKI Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Pemkab Lumajang berterima kasih kepada Pemprov DKI atas bantuan yang diberikan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sebuah alat berat dikerahkan saat proses pencarian korban yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Sebuah alat berat dikerahkan saat proses pencarian korban yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Satgas Kolaborasi Tanggap Bencana (Tagana) DKI Jakarta yang membawa bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bantuan akan diberikan melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, mengatakan, rombongan Tagana DKI membawa 19 jenis bantuan logistik, seperti kasur, velbed, bantal, guling, kipas angin, selimut, terpal, tenda, serta kebutuhan rumah tangga dan individu lainnya.

Baca Juga

"Setelah tiba di Lumajang pada Selasa pagi, bantuan diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Lumajang. Bantuan dipindahkan ke Posko Logistik penanganan bencana di GOR Wira Bhakti Lumajang, untuk kemudian didistribusikan kepada korban," katanya lewat siaran pers di Jakarta, Selasa (7/12).

Sabdo berharap, semoga bantuan yang dibawatersebut bisa bermanfaat bagi warga korban erupsi Semeru. "Ini merupakan bentuk kolaborasi dan kepedulian kami, karena bencana itu adalah menjadi tanggung jawab kita bersama," ucapnya.

Bantuan dari Tagana DKI tersebut, diterima oleh perwakilan Pemkab Lumajang, yakni Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang Sunyoto didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Yudha Nugraha, dan Kepala Bidang Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi.

Kepala BPKD Kabupaten Lumajang, Sunyoto, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan masyarakat Jakarta yang telah memberikan empati, solidaritas, dan perhatiannya kepada warga Lumajang yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru.Sunyoto menyampaikan, bantuan yang dibawa bermanfaat dan membantu meringankan beban masyarakat.

Menurut dia, bantuan logistik yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta sesuai dengan kebutuhan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru. "Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang, khususnya masyarakat terdampak sangat bersyukur dan berterima kasih. Pemerintah Labupaten Lumajang tidak bisa menanganinya sendiri," kata Sunyoto.

Sejak peristiwa erupsi di Gunung Semeru pada Sabtu (4/12) sore, tim Tagana Pemprov DKI Jakarta segera mengambil langkah cepat memetakan jenis bantuan dan segera mengumpulkan logistik pada Ahad (5/12). Pelepasan rombongan tim Tagana dilakukan pada Senin (6/12), dan tiba di Lumajang Selasa (7/12) pagi WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement