Selasa 07 Dec 2021 04:45 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Tobat Nasuha

Kewajiban tobat nasuha juga merupakan perintah Allah SWT dalam beberapa firman-Nya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Tobat Nasuha
Foto: Republika/Prayogi
Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Lakukan Tobat Nasuha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam buku Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi dijelaskan bahwa alim ulama pernah mengatakan bahwa mengerjakan taubat itu hukumnya wajib dari segala macam dosa. Jika kemaksiatan itu terjadi antara seorang hamba dan antara Allah Ta'ala saja, yakni tidak ada hubungannya dengan hak seorang manusia yang lain, maka berobat itu harus memenuhi tiga macam syarat sebagai berikut.

  1. Hendaklah menghentikan sama sekali seketika itu juga dari kemaksiatan yang dilakukan.
  2. Harus menyesal karena telah melakukan kemaksiatan tadi 
  3. Berniat tidak akan kembali mengulangi perbuatan maksiat itu untuk selama-lamanya.

Jika salah satu dari tiga syarat tersebut di atas itu ada yang tertinggal maka tidak tobatnya. Berbeda jika kemaksiatan itu ada hubungannya dengan sesama manusia, maka ada empat syaratnya, yaitu tiga syarat yang tersebut di atas dan keempatnya ialah supaya membayar kesalahan itu kepada orang yang dizhalimi. Maka jika zhalimnya itu berupa harta atau yang semisal dengan itu, maka wajiblah mengembalikannya kepada yang berhak tadi. 

Baca Juga

Jika berupa dakwaan zina atau yang semisal dengan itu, maka hendaklah mencabut dakwaan tadi dari orang yang didakwakan atau meminta saja pengampunan daripada kawannya dan jika merupakan pengumpatan, maka hendaklah meminta penghalalan yakni pemaafan dari umpatannya itu kepada orang yang diumpat olehnya. Seseorang itu wajiblah bertaubat dari segala macam dosa, tetapi jika seseorang itu bertaubat dari sebagian dosanya, maka taubatnya itupun sah dan dimaafkan dari dosa tersebut.

photo
Waktu terbaik bertobat. - (republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement