Selasa 07 Dec 2021 01:26 WIB

Alquran Terkecil Dunia Ada di Yordania

Warga Yordania memiliki salinan Alquran terkecil di dunia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Sebuah Alquran terkecil di dunia (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Sebuah Alquran terkecil di dunia (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  AMMAN -- Ibrahim Ahmed Nawar, seorang kolektor yang tinggal di kota As Salt, barat laut Yordania memiliki salinan Alquran terkecil di dunia.

Nawar telah lama mendirikan sebuah museum pribadi bernama Museum Permeant Warisan Rakyat. Ada lebih dari 25.000 barang seni dan bersejarah yang dipamerkannya di museum pribadinya itu. Bahkan banyak barang bersejarah di antaranya berasal dari awal abad ke-20.

Baca Juga

Seperti dilansir Iqna.ir pada Ahad (5/12) salah satu yang unj do antara koleksi barang antik dan bersejarah adalah salinan Alquran yang diklaimnya sebagai  versi cetak terkecil dari sebuah Kitab Suci.

Alquran itu berukuran 2,5 kali 1,5 sentimeter yang berisi semua surat dalam Alquran. Seseorang hanya dapat membaca ayat-ayat itu dengan menggunakan kaca pembesar. Salinan Alquran yang tak bertanggal ini diyakini telah dicetak pada awal abad lalu.

Nawar mengatakan dia membelinya dari seorang warga As Salt pada tahun 1980. Pemilik sebelumnya telah mewarisi salinan Alquran yang berharga dari ayahnya.

Menurut Anwar, para ahli mengatakan ini adalah Alquran cetakan terkecil di dunia. Pemegang gelar sebelumnya berukuran 2,5 kali 1,75 sentimeter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement