Senin 06 Dec 2021 21:49 WIB

Menanti AC Milan, Atletico, dan Porto Berlomba Hingga Akhir

Ketiganya punya peluang meraih sisa tiket babak 16 besar.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala AC Milan Stefano Pioli bereaksi saat pertandingan sepak bola grup B Liga Champions UEFA antara Atletico Madrid dan AC Milan yang diadakan di stadion Wanda Metropolitano, di Madrid, Spanyol, Kamis (25/11) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Javier Lizon
Pelatih kepala AC Milan Stefano Pioli bereaksi saat pertandingan sepak bola grup B Liga Champions UEFA antara Atletico Madrid dan AC Milan yang diadakan di stadion Wanda Metropolitano, di Madrid, Spanyol, Kamis (25/11) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Masih ada satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions dari Grup B. Satu tiket sudah ada digenggaman Liverpool yang kini memuncaki klasemen dengan nilai 15 poin. Sementara AC Milan, Atletico Madrid dan Porto akan saling berebut tiket tersisa di laga terakhir penyisihan grup B, Rabu (8/12) dini hari WIB.

Grup ini memang grup neraka karena diisi oleh tim yang sama-sama sukses di Eropa. Liverpool tercatat enam kali juara dan tiga runner-up. Terbaru mereka meraih tropi si Kuping Besar pada musim 2018/2019.

Baca Juga

AC Milan juga salah satu tim tersukses di Liga Champions. Rossoneri meraih tujuh tropi dan empat kali sebagai runner-up. Milan baru kembali ke Liga Champions musim ini setelah absen selama tujuh tahun. Meskipun sudah lama tak merasakan atmosfer turnamen paling bergengsi di Eropa ini mereka tetap dipandang sebagai tim yang tak boleh diremehkan.

Porto juga pernah mencicipi indahnya mengangkat trofi tersebut sebanyak dua kali yakni pada tahun 1987 dan 2004. Namun sejak terakhir kali Porto Juara, mereka selalu gagal untuk lolos ke partai final. Hanya Atletico yang belum merasakan trofi Liga Champions. Namun Los Rijiblancos pernah merasakan tiga kali bermain di partai puncak.

Secara posisi klasemen, Porto sedikit lebih berpeluang menemani Liverpool ke babak 16 besar. Tim asal Portugal tersebut duduk di urutan kedua dengan nilai lima poin atau unggul satu angka dari Liverpool dan Atletico.

Porto akan menjamu Atletico pada partai keenam di Stadion Dragao. Bermain di kandang sendiri memberikan peluang bagi Porto memenangkan pertandingan. Apalagi performa tim tamu tak sedang dalam kondisi bagus. Pasukan Diego Simeone kalah di kandang sendiri dari Real Mallorca akhir pekan kemarin.

Mereka juga takluk 0-1 di kandang sendiri dari AC Milan pada pertandingan kelima penyisihan grup. Meski demikian, Porto tak bisa meremehkan Atletico. Pasalnya, mereka juga mengemban misi sama yakni lolos ke babak 16 besar walaupun peluangnya paling kecil diantara Porto dan AC Milan.

Seruan Diego Simeone kepada timnya agar merespons baik atas kekalahan dari Mallorca ketika melawan Porto bisa menjadi senjata membawa tiga poin dari Portugal. Dilansir dari france24, Simeone meminta pemainnya lebih konsentrasi dan bekerja lebih keras. Simeone hanya ingin anak asuhnya mengalahkan Porto dan berharap Milan tak mengalahkan Liverpool agar lolos ke fase gugur.

Kesempatan Milan untuk lolos ke babak 16 besar mungkin lebih baik daripada Atletico. Sebab, Rossoneri berada di posisi ketiga meskipun poinnya sama dengan mereka. Namun melihat lawan yang akan dihadapi tim yang sedang dalam performa bagus yakni Liverpool, Milan diperkirakan perlu lebih kerja keras lagi.

Ditambah dengan krisis pemain yang diderita oleh pasukan Stefano Pioli karena cedera. Pioli tanpa Peitro Pellegri, Rafael Leao, Simon Kjaer, Davide Calabria, Ante Rebic, Olivier Giroud dan Samu Castillejo. Karena itu, peluang Milan lolos ke babak 16 besar tetap sedikit di bawah Porto.

Kendati demikian dalam sepak bola apapun bisa terjadi. Ketiga tim tersebut punya peluang yang sama untuk lolos ke babak 16 besar sebelum rangkaian pertandingan penentu selesai.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement