Senin 06 Dec 2021 19:34 WIB

Arteta Masih Percaya dengan Kemampuan Aubameyang

Aubameyang tercatat baru mengemas empat gol dan satu assist.

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Reaksi manajer Arsenal Mikel Arteta setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Arsenal FC di Manchester, Inggris, Jumat (3/12) pagi WIB.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Reaksi manajer Arsenal Mikel Arteta setelah pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Arsenal FC di Manchester, Inggris, Jumat (3/12) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejak terakhir kali merobek gawang Aston Villa pada pekan kesembilan Liga Primer Inggris pertengahan Oktober silam, Pierre Emerick-Aubameyang tidak pernah lagi menyumbang gol buat Arsenal.

Paceklik gol yang dialami kapten The Gunners itu mulai mencuatkan keraguan soal kemampuan Aubameyang. Dari 13 kali kesempatan merumput di Liga Primer Inggris musim ini, Aubameyang tercatat baru mengemas empat gol dan satu assist.

Buat pemain yang menyandang status sebagai penyerang utama Arsenal, catatan gol eks penyerang Borussia Dortmund ini jelas mengkhawatirkan. Apalagi, Aubameyang merupakan kapten tim asal London Utara tersebut.

Keraguan terhadap kemampuan penyerang berusia 32 tahun itu dalam mencetak gol pun tersirat dalam keputusan pelatih Arsenal, Mikel Arteta, dalam dua laga terakhir.

Pelatih asal Spanyol itu, tidak pernah memainkan Aubameyang selama 90 menit di dua laga terakhir, termasuk saat Arsenal dibungkam Manchester United, 3-2, tengah pekan ini. Di laga tersebut, Aubameyang ditarik keluar pada menit ke-79.

Sementara, saat The Gunners menekuk Newcastle United, 2-0, Aubameyang ditarik pada menit ke-76. Di laga kontra The Magpies itu, penyerang asal Gabon itu bahkan sempat gagal memanfaatkan peluang emas.

Kendati begitu, Arteta menegaskan masih percaya dengan ketajaman Aubameyang. Arteta memahami soal munculnya kekhawatiran saat penyerang utama gagal mencetak gol.

Namun, eks asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu menyebut, Aubameyang tengah berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengakhiri paceklik gol.

''Anda tentu khawatir saat penyerang utama tim Anda tidak mencetak gol. Namun, dia tengah bekerja sekeras mungkin. Dia juga sadar betapa tim ini membutuhkan torehan golnya, tapi untuk saat ini masih belum terwujud.”

“Untuk hal-hal lain yang kami inginkan darinya, dia juga sudah bekerja sekuat tenaga,'' ujar Arteta seperti dilansir laman resmi klub, Senin (6/12).

Apabila menilik performa Aubameyang pada periode yang sama musim lalu, mantan penyerang AC Milan itu sebenarnya juga mengalami masalah serupa.

Bahkan, catatan gol Aubameyang jauh lebih rendah dibandingkan musim ini. Saat tampil di 13 laga di Liga Primer Inggris musim lalu, Aubameyang hanya menyumbang tiga gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement