Ahad 05 Dec 2021 20:58 WIB

Timnas Palestina Siap Melenggang ke Piala Dunia Amputee

Skuat nasional Asosiasi Sepak Bola Amputasi Palestina mendapatkan dukungan ICRC.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
Bendera Palestina
Foto: Reuters
Bendera Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA CITY -- Kekurangan fisik tidak menghalangi pemuda Palestina untuk berpartisipasi dalam skuat nasional sepak bola. Pertama kalinya dalam sejarah, Palestina memiliki tim nasional sepak bola yang digawangi para pemuda, dengan kaki yang diamputasi.

Tim nasional tersebut diluncurkan pada Jumat (3/12),  bertepatan dengan Hari Internasional untuk Penyandang Disabilitas. Skuat nasional Asosiasi Sepak Bola Amputasi Palestina mendapatkan dukungan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).  Skuat tersebut terdiri atas 20 pemuda Palestina yang kehilangan bagian tubuh mereka, ketika ikut terlibat dalam perang dengan Israel maupun kecelakaan.

Baca Juga

Para pemain menggunakan kruk dan kaki palsu untuk bermain sepak bola saat mereka berlatih di sebuah stadion di Kota Gaza. Mereka berpartisipasi dalam Piala Dunia Sepak Bola Amputee yang akan digelar di Turki pada Maret 2022.

Salah satu pemain sepak bola yang bergabung dengan skuat tersebut, Ahmed Alkhodari (23 tahun), kehilangan kakinya pada Maret 2019 saat Great March of Return. Ketika itu, ratusan warga Palestina tewas dan puluhan ribu terluka dalam tembakan Israel. Setidaknya 156 orang yang terluka harus menghadapi amputasi.

Alkhodari mengatakan kepada Aljazirah, dia ingin berpartisipasi dalam turnamen di luar Palestina. Menurut Alkhodari, partisipasinya dalam tim nasional telah menambah nilai bagi kehidupannya. Dia meyakini, timnya akan meraih sukses di kejuaraan internasional di seluruh dunia. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement