Ahad 05 Dec 2021 19:21 WIB

Sudah Istikharah Masih Ragu, Apa yang Harus Dilakukan?

Sebagian orang masih ragu meski sudah sholat Istikharah, apa yang harus dilakukan?

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Sholat Istikharah (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Sholat Istikharah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Dalam berbagai kasus, banyak orang-orang yang merasa masih terus merasa ragu meskipun telah melakukan Sholat Istikharah berulang kali.

Kenapa hal ini terjadi dan bagaimanakah solusinya?

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, Sekretaris Lembaga Fatwa Mesir, Dar ftaa, Dr. Muhammad Wissam menjelaskan istikharah adalah ibadah yang dasarnya meminta bantuan kepada Allah SWT. Istikharah dilakukan karena dua kondisi, pertama karena keraguan untuk memilih antara dua hal. Kedua, saat seseorang meminta petunjuk untuk melakukan sesuatu karena keraguan bahwa pilihannya akan berdampak baik atau buruk.

Menurutnya, yang perlu dipahami seorang muslim, jawaban dari istikharah bukan selalu dari diberikan penglihatan dari jawaban yang diinginkan seperti mimpi atau penglihatan lain. Jawaban dari Istikharah bisa berbentuk penerimaan secara psikologis akan suatu pilihan atau juga berkurangnya keragu-raguan akan suatu pilihan.

Kurangnya pemahaman akan hal ini membuat orang mengira Allah SWT seakan tidak memberi petunjuk. Padahal mungkin Allah SWT telah menujukkan pilihan yang baik, tapi orang tersebut tidak memahami petunjuk yang diberikan tersebut.

Adapun doa yang bisa dibaca usai sholat istikharah adalah sebagai berikut:

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement