Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Persib Vs Madura United, Kedua Tim Abaikan Statistik

Jumat 03 Dec 2021 17:00 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar

Gelandang serang Persib Bandung Rene Mihelic (kiri) megontrol bola pada pertandingan Shopee Liga 1 antara Persib Bandung melawan Madura United di Stadion si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (23/6).

Gelandang serang Persib Bandung Rene Mihelic (kiri) megontrol bola pada pertandingan Shopee Liga 1 antara Persib Bandung melawan Madura United di Stadion si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (23/6).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bukan tanpa alasan Persib memberikan target poin penuh ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan menghadapi Madura United di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12). Dalam laga ini Persib menargetkan tiga poin bagi timnya.

Bukan tanpa alasan Persib memberikan target poin penuh ini. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menginginkan jarak Persib dengan pemuncak klasemen, Bhayangkara tetap dekat.

Baca Juga

"Kami tahu pentingnya laga ini untuk tetap menjaga jarak dan selisih poin masih tetap terjangkau dengan pemimpin klasmen saat ini. Jadi kami targetkan tiga poin di pertandingan besok," kata Robert dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (3/12).

Di atas kertas, Persib saat ini lebih unggul dari Madura United dengan memiliki 28 poin. Sedangkan Madura United baru memiliki 17 poin.

Namun dari statistik pertemuan keduanya di laga resmi, Madura United lebih unggul dengan tiga kali menang dan dua hasil imbang. Robert pun lebih memilih untuk mengabaikan catatan pertemuan kedua itu.

"Tidak ada gunanya untuk melihat catatan pertemuan. Apa yang sudah berlalu itu tidak penting di sepak bola, yang penting adalah pertandinan berikutnya," kata Robert.

Menurutnya, statistik bukanlah jaminan bagi sebuah tim untuk menentukan hasil pertandingan selanjutnya. Terlebih kedua tim akan bermain dengan sebaik mungkin karena sama-sama menargetkan poin penuh.

Catatan Persib di lima laga terakhir di kompetisi pun tak cukup baik. Persib tercatat tiga kali menang dan dua kali kalah. Sementara Madura United menang di dua laga terakhirnya dengan catatan clean sheet yang tentunya harus diantisipasi oleh Persib.

"Jadi catatan tidak berpengaruh apapun, kami akan bertandingan di laga besok dengan mengerahkan kemampuan terbaik karena ingin memenangkan pertandingan itu," kata Robert.

Di sisi lain, kepercayaan diri Madura United muncul karena statistik pertemuan kedua tim yang memihak pada Madura United. Namun pelatih Madura United, Fabio Lefundes turut mengabaikan statistik tersebut.

Menurutnya, tim harus menerima kenyataan bahwa jarak Madura United dan Persib terpaut sebelas poin. Untuk itu, di laga besok menjadi kesempatan bagi Madura United untuk memperkecil jarak di antara kedua tim.

"Saya tidak bisa lihat statistik soal Madura United maupun Persib Bandung karena kami hanya fokus untuk saat ini saja," kata Fabio.

Fabio tidak ingin melihat catatan statistik terdahulu. Apalagi, dia belum bergabung dengan tim saat catatan Madura United ini dibuat.

"Kami hanya akan fokus dengan apa yang ada di depan kami, momen ketika Persib ada di atas kami di klasemen," kata Fabio.

Fabio sadar catatan tersebut tidak lagi berguna untuk laga besok. Menurutnya, laga besok akan menarik karena Madura United akan mencoba mengalahkan Persib.

"Persib adalah tim bagus dan punya pemain bagus, tapi kami juga adalah tim bagus. Kami juga akan kerja keras untuk hadapi siapapun lawan kita," kata Fabio.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA