Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

'Anti Rebahan', Single Solo Perdana Jarwo Naif

Jumat 03 Dec 2021 16:12 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Musisi Fajar Endra Taruna Mangkudisastro atau yang lebih dikenal Jarwo Naif dalam acara showcase album Anti Rebahan dan persembahan konser di Hard Rock Cafe Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (2/12).

Musisi Fajar Endra Taruna Mangkudisastro atau yang lebih dikenal Jarwo Naif dalam acara showcase album Anti Rebahan dan persembahan konser di Hard Rock Cafe Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (2/12).

Foto: Republika/Umi Nur Fadilah
Tak hanya main gitar, Jarwo Naif jga menjadi vokalis untuk album solo perdananya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Fajar Endra Taruna Mangkudisastro atau yang lebih dikenal Jarwo Naif merilis proyek solonya pada Agustus 2021, dengan single pertamanya “Anti Rebahan”. Kini, musisi yang dikenal sebagai Mr. Jarwo ini merilis single keduanya “Rama dan Sinta” yang kental dengan sentuhan gitar retro manis.

Tak hanya bermain gitar, Jarwo juga berperan sebagai vokalis alias bernyanyi di lagu-lagunya proyek solo ini. Jarwo juga memainkan seluruh instrumen musik, termasuk program dan aransemen.

Baca Juga

“Ada delapan lagu di album solo 'Anti Rebahan' ini,” kata Jarwo dalam acara soft launch album 'Anti Rebahan' dan persembahan konser di Hard Rock Cafe Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis (2/12) malam.

Single pertama Anti Rebahan yang beri berirama ceria itu menyuguhkan lirik lagu yang memberikan semangat dalam menjalani hidup dan rutinitas sehari-hari apa adanya, menjalani hari lebih baik dari sebelumnya, dan meyakinkan diri untuk semangat dalam menggapai mimpi. Kemudian, single kedua “Rama dan Sinta” terinspirasi oleh dua manusia yang membuat janji seumur hidup. Lagu ini adalah harapan bagi orang-orang untuk hidup bersama dalam kebahagiaan bersama pasangan selama sisa hidup mereka.

Video musik lagu ini merupakan kompilasi lebih dari 35 video ucapan pernikahan yang dikirimkan oleh pendengar Jarwo, untuk membangun ikatan yang lebih kuat antara musisi itu dan pendengar musiknya. Video musik “Rama dan Sinta” dirilis pada 1 Oktober 2021.

Album Anti Rebahan berisikan delapan lagu, yaitu “Anti Rebahan”, “Pertalian Jiwa Bebas”, “Dia Dimana Dia Disana”, “Morning Light”, “Rama dan Sinta”, “Penari Pagi”. Proses pengerjaan album Anti Rebahan ini dilakukan kurang lebih dua bulan di Studio Bermain milik Jarwo. Pengerjaan rekaman dan mixing dilakukan sendiri oleh Jarwo. Sedangkan proses mastering dikerjakan oleh Stephan Santoso (Slingshot Studio).

Jarwo mengatakan album Anti Rebahan dibuat untuk penggemar band Naif sebagai pengobat rindu akan karya yang baru. Single “Anti Rebahan” dan “Rama dan Sinta” adalah bentuk penyemangat hidup untuk selalu bersyukur dan menjaga, serta merawat dengan baik apa yang sudah kita miliki.

Selama acara konser, Jarwo membawakan lagu-lagu di album "Anti Rebahan” dan beberapa lagu Naif yang sudah populer, seperti “Piknik 72”, “Jikalau”, “Mobil Balap”, dan “Benci untuk Mencinta”. Jarwo berkolaborasi dengan Ivanka Slank membawakan lagu “Jikalau”. Di lagu “Benci untuk Mencinta”, Jarwo bermain gitar akustik sendirian di atas panggung mengiringi senandung seluruh penonton yang hadir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA