Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Produk Lokal Bali Kini Bisa Ditemukan di IKEA

Kamis 02 Dec 2021 22:53 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Produk lokal asli Bali bisa didapatkan pada area 'Teras Indonesia' di IKEA.

Produk lokal asli Bali bisa didapatkan pada area 'Teras Indonesia' di IKEA.

Foto: IKEA Singapura
Produk lokal asli Bali bisa didapatkan pada area 'Teras Indonesia' di IKEA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produk-produk UMKM Bali mendapatkan tempat di gerai IKEA Bali. Gerai yang memiliki luasan 1200 meter persegi itu menyediakan lahan yang dipergunakan untuk memamerkan produk-produk UMKM Bali pada area yang disebut Teras Indonesia. 

Menurut President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, Teras Indonesia di area ini akan terus ada dan bukan bersifat sementara. “Ini akan terus ada. Ini merupakan bagian dari komitmen IKEA dan kesepakatan MOU IKEA dan Pemerintah Bali untuk bekerja sama dengan UMKM lokal,” jelas Patrik baru-baru ini. 

Baca Juga

Adanya Teras Indonesia pula, juga menjadi kesempatan untuk promosi produk-produk lokal UMKM. Ini juga memberikan kesempatan produk lokal UMKM untuk bisa bersaing. 

Meski memiliki luasan yang lebih kecil dibandingkan gerai-gerai IKEA lain, gerai yang terletak di Kabupaten Badung, Kuta itu disebut Patrik memiliki inspirasi dan servis yang sama dengan gerai yang lain. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan upaya pelestarian budaya lokal, seluruh co-worker IKEA Bali akan menggunakan seragam pakaian tradisional Bali. Tim IKEA Bali sebagian besar direkrut secara lokal. 

Tak hanya itu, bangunan gerai IKEA Bali juga dihiasi lukisan mural dan patung kuda DALA yang terinspirasi dari budaya Bali. Berkolaborasi dengan seniman lokal, Citra Sasmita, IKEA Bali ingin memvisualisasikan pesan tentang kenyamanan, kehangatan, dan harmoni di tengah keluarga.

Lebih jauh, IKEA Bali juga membagikan 500 paket sembako untuk komunitas setempat sebagai bagian dari komitmen IKEA untuk membawa perubahan dan dampak positif. Adanya IKEA di Bali, disebut Patrik menjadi solusi untuk menyediakan gerai yang lebih terjangkau dan mudah diakses terhadap masyarakat di Pulau Bali. 

“IKEA Bali hadir tidak hanya untuk memberikan solusi dan inspirasi perabot rumah tangga, kami juga hadir untuk membuat perbedaan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Kami percaya bahwa serangkaian inisiatif yang kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan kami berharap IKEA Bali dapat menjadi tetangga yang baik,” kata Patrik. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA