Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Ciri Istri Salehah

Kamis 02 Dec 2021 13:06 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Ciri Istri Salehah

Ciri Istri Salehah

Foto: republika
Sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salehah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah tangga yang di dalamnya terdapat istri bertakwa dan salehah akan menemui kebahagiaan, kenyamanannya dan ketenteraman. Sebab istri yang takwa dan salehah mengerti betul akan kewajibannya sebagai hamba Allah, sebagai istri bagi suaminya, dan sebagai ibu bagi anak-anaknya. Maka dari itu istri yang salehah sangatlah berharga. Rasulullah  ﷺ bersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلدُّنْيَامَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.  

Baca Juga

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: "Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salehah," (HR. Bukhari).

Sebab itu pula bagi laki-laki yang hendak menikah, jadikanlah ketakwaan dan kesalehan sebagai prioritas yang dinilai dari seorang calon istri sebelum menikahinya. Ketika telah mendapati seorang calon istri itu bagus ibadahnya seperti menjaga shalatnya, istiqamah membaca Alquran, senang berzikir dan melaksanakan sunah lainnya, maka setelah itu lihatlah bagaimana akhlaknya, baktinya kepada keluarga, prinsipnya dalam menjaga kehormatan diri dan keluarga.  

Karena istri yang saleh adalah yang taat kepada suaminya. Selama suaminya tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat dan dosa, maka wajib bagi seorang istri taat pada suaminya.

Selain itu, istri yang salehah adalah yang membuat bahagia ketika suaminya memandangnya. Istri salehah akan memberikan senyum terbaik dan penampilan terbaik ketika suaminya berada di rumah.

 

 

photo
Infografis Contoh Sikap Sayang Nabi pada Istri. Ilustrasi pasangan suami istri Muslim. - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA