Kamis 02 Dec 2021 12:52 WIB

Antisipasi Massa Reuni 212, Jalan Menuju Az-Zikra Disekat

Petugas menyekat jalan akses menuju Masjid Az-Zikra untuk antisipasi massa reuni 212.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bayu Hermawan
Massa aksi Reuni 212 memadati kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (2/12). Massa membubarkan diri sekitar pukul 10.00 WIB setelah berusaha melakukan aksi damai di kawasan Monumen Nasional. Berdasarkan pantauan sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri melakukan penjagaan ketat dibeberapa titik lokasi seperti kawasan Patung Kuda,  Jalan Thamrin, Gambir, dan kawasan Istana Merdeka serta mengimbau massa aksi untuk menghindari kerumunan pada masa pandemi Covid-19. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Massa aksi Reuni 212 memadati kawasan Tanah Abang, Jakarta, Kamis (2/12). Massa membubarkan diri sekitar pukul 10.00 WIB setelah berusaha melakukan aksi damai di kawasan Monumen Nasional. Berdasarkan pantauan sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri melakukan penjagaan ketat dibeberapa titik lokasi seperti kawasan Patung Kuda, Jalan Thamrin, Gambir, dan kawasan Istana Merdeka serta mengimbau massa aksi untuk menghindari kerumunan pada masa pandemi Covid-19. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aparat gabungan melakukan penyekatan akses menuju Masjid Az-Zikra di Jalan MH Thamrin Sentul City, Desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Hal tersebut untuk mengantisipasi kedatangan massa Reuni 212.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, sejumlah aparat gabungan telah berjaga di sekitar Exit Tol Sentul Belanova atau Simpang Karimata. Lokasi ini merupakan akses utama menuju Masjid Az-Zikra. Penyekatan itu dilakukan dengan menempatkan dua unit truk water cannon di lokasi. Selain itu, setiap kendaraan mobil pribadi yang akan masuk ke kawasan tersebut diperiksa oleh petugas. 

Baca Juga

Apabila ditemukan kendaraan yang tidak memiliki tujuan jelas atau bukan warga sekitar diminta untuk putar balik. Hingga kini, penjagaan dan pemeriksaan kendaraan masih terus berjalan. Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, kegiatan penjagaan sudah dilaksanakan petugas sejak malam. Dengan beberapa titik penjagaan.

"Kami dari Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor melaksanan pengamanan berkaitan dengan rencana reuni 212. Kegiatan ini sudah kita laksanaka sejak tadi malam masuk ke beberapa titik yang menjadi konsentrasi massa maupun pendekata terhadap daerah yang mungkin menjadi tempat Reuni 212," ujar Harun kepada awak media di lokasi, Kamis (2/12).

Tak hanya di Sentul, sambung dia, beberapa titik lainnya yang berpotensi menjadi tempat konsentrasi massa juga dilakukan penyekatan. Sejauh ini, belum terlihat adanya massa Reuni 212 yang berkumpul.

Harun menyebutkan, beberapa titik yang disterilkan oleh petugas yakni Masjid Amaliyah di Ciawi, juga di kawasan Kota Wisata. Ia mengatakan, petugas sudah standby sejak sore kemarin, dan hingga kini belum ada massa berkumpul disana. 

"Dan tempat lain juga sama, setiap kecamatan kita juga lakukan yang sama TNI-Polri semua termasuk pemerintah daerah," ujarnya.

Harun menambahkan, sedikitnya ada sekitar 1.300 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pengamanan ini. Dengan sistem pengamanan ini, dia berharap tidak ada kegiatan dari massa yang akan berkumpul. Termasuk di Masjid Az-Zikra.

“Pagi ini kita tingkatkan lagi, walaupun secara pemberitaan tidak di Az-Zikra tapi kita tetap antispasi massa yang akan ke Az-Zikra. Kami harap tidak ada kegiatan massa tapi tetap melaksanakan antispasi. Apabila ada massa kita akan putar balikan," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement