Kamis 02 Dec 2021 08:53 WIB

Demi Mengajar, Guru Ini Rela Melawan Ombak

Pantang mundur mengajar meski berada di tengah keterbatasan,

Ibu Sarifah dan murid-muridnya di Pulau Lae-lae, Makassar.
Foto: dok SGM Eksplor
Ibu Sarifah dan murid-muridnya di Pulau Lae-lae, Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR --- Saat pandemi, aktivitas belajar dan mengajar di sekolah bisa dibilang terganggu lantaran harus melakukan pembelajaran secara daring. Namun semangat dari para guru tidak pernah padam agar dapat terus mendidik dan melayani para peserta didik yaitu anak-anak Indonesia agar dapat memaksimalkan potensi prestasi menjadi generasi maju. 

Semangat itu pula yang dirasakan oleh Sarifah, seorang guru TK di Pulau Lae-lae, Makassar, Sulawesi Selatan. Selama bertahun-tahun dia mengajar di tengah keterbatasan fasilitas mengajar seperti mengajar di halaman rumah penduduk atau di pinggir pantai. Bahkan untuk mengajar harus menyeberang laut melawan ombak. ''Saya tidak akan lelah untuk memberikan akses pendidikan bagi anak-anak di Pulau Lae-lae,'' kata Sarifah. 

Perjuangan Sarifah itulah yang menggerakkan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) mendukung akses pendidikan di Indonesia melalui program “SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart”. Ini merupakan rangkaian dari gerakan sosial “#AyoTunjukTangan”.

Program yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional, merupakan sebuah upaya kolaborasi untuk memberikan apresiasi kepada para guru inspiratif yang telah mendukung untuk mencetak generasi maju Indonesia yang tumbuh maksimal. Melalui program apresiasi ini, SGM Eksplor dan Alfamart memberikan dukungan fasilitas pengajaran kepada guru PAUD dan Sekolah Dasar inspiratif dan renovasi sekolah.

Sales Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Widianto Juwono mengatakan, kisah Ibu Sarifah sangat inspiratif, karena tidak lelah untuk menjadi pelita bagi anak-anak negeri. ''Ibu Sarifah pantang lelah mengajar, meskipun banyak rintangan, harus naik becak, menyeberang laut melawan ombak demi mendukung masa depan anak-anak di Pulau Lae-lae. Upaya yang kami lakukan bersama Alfamart ini diharapkan dapat mendukung para guru seperti Ibu Sarifah untuk dapat maksimal dalam memberikan akses pendidikan dan kemajuan kepada anak-anak generasi maju Indonesia,” tambah Widianto dalam keterangan pers yang diterima Republika pekan lalu.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin menyambut baik kolaborasi bersama SGM Eksplor dalam upaya memberikan dukungan akses nutrisi dan pendidikan. “Bukan hanya untuk mendukung anak-anak namun juga memberikan apresiasi kepada para guru yang inspiratif, yang tetap berjuang di tengah keterbatasan, khususnya di masa pandemi ini. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam mendukung penyediaan akses nutrisi dan pendidikan bagi anak Indonesia,” kata dia.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement