Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AFDHAL RAHMATULLAH 2021

FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Eduaksi | Wednesday, 01 Dec 2021, 14:49 WIB

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan sejalan dengan perkembangan sosial masyarakat dan ilmu pengetahuan. Bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Smith. Yaitu bahasa yang digunakan bangsa-bangsa yang tinggal di sekitar sungai Tigrs, Furat, dataran Syiria dan Jazirah Arabia (Timur Tengah) seperti bangsa : Finisia, Asyria, Ibrania, Arabia, Suryania dan Babilonia. Bahasa terdahulu yang masih ada sampai sekarang adalah bahasa Ibrani. Dalam kajian linguistic dengan menggunakan pendekatan structural, bahasa dipandang sebagai sesuatu yang terdiri dari unsur-unsur yang dapat dibedakan dan dipisahkan.

Sistem pendidikan pada zaman sekarang menuntut faktor dan kondisi yang baru pula. Baik yang mengenai dengan sarana fisik maupun non fisik. Untuk itu diperlukannya seorang guru yang memiliki kemampuan dan kecakapan yang lebih memadai, diperlukan sikap dan kinerja yang baru, peralatan yang lebih lengkap dan administrasi yang lebih teratur, guru hendaknya dapat menggunakan peralatan yang lebih ekonomis, efisien dan mampu dimiliki oleh sekolah serta tidak menolak digunakannya peralatan tekhnologi modern yang relevan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman.Semakin maju perkembangan Pendidikan, masyarakat dan ekslarasi teknologi modern, maka semakin besar dan berat tantangan yang dihadapi guru sebagai pendidik dan pengajar di sekolah.

Agar seorang guru dalam menggunakan media Pendidikan yang efektif, setiap guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang apa saja media pendidikan / pengajaran yang dibutuhkan dan diperlukan. Banyak pengetahuan yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang meliputi; media sebagai alat komunikasi,media berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, penggunaan media dalam proses belajar mengajar, hubungan antara metode mengajar dengan media Pendidikan, nilai dan manfaat media Pendidikan, memilih dan menggunakan media Pendidikan, mengetahui berbagai jenis alat dan teknik media Pendidikan, mengetahui penggunaan media pendidikan dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan dan melakukan usaha-usaha inovasi dan media pendidikan.

Dalam pembelajaran dibutuhkan media yang membantu belajar menjadi asik.Adapun syarat-syarat umum yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan media pengajaran dalam PBM, yakni: media pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, media pengajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat atau didengar, media pengajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar, media pengajaran juga harus sesuai dengan kondisi individu siswa, dan media pengajaran tersebut merupakan perantara (medium) dalam proses pembelajaran siswa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image