Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Persamaan yang Melekat pada Diri Seorang Nabi dan Rasul

Rabu 01 Dec 2021 22:55 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Para nabi dan rasul mempunyai banyak persamaan salah satunya misi tauhid. Ilustrasi tauhid

Para nabi dan rasul mempunyai banyak persamaan salah satunya misi tauhid. Ilustrasi tauhid

Foto: republika
Para nabi dan rasul mempunyai banyak persamaan salah satunya misi tauhid

REPUBLIKA.CO.ID, —Para nabi dan rasul adalah manusia-manusia pilihan Allah ﷻ. Mereka mengemban risalah agar manusia dimuka bumi beriman kepada Allah ﷻ dan tidak menyekutukanNya dengan suatu apapun. 

Dalam Alquran surat Maryam ayat ke-58 dijelaskan bahwa para nabi itu adalah orang-orang yang mendapat nikmat dari Allah ﷻ. 

Baca Juga

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا 

“Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Mahapemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” 

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran (PSQ), Ustadz Dr Syahrullah Iskandar, menjelaskan bahwa yang dimaksud nikmat dalam ayat tersebut adalah kedudukan, karunia, dan keutamaan sebagai nabi dan rasul. 

Sebab kedudukan sebagai nabi dan rasul tidak bisa dicapai oleh usaha-usaha manusia, semisal dengan ibadah atau lainnya. 

Kedudukan nabi dan rasul adalah langsung dari Allah ﷻ. Dan Allah ﷻ telah menentukannya dari Nabi Adam hingga Nabi Muhammad ﷺ sebagai penutup para nabi dan rasul.  

Setiap nabi mempunyai keutamaannya tersendiri yang patut diteladani oleh umat Islam. Misalnya saja Nabi Idris yang dikenal sebagai nabi yang cerdas dan mengajarkan ilmu-ilmu pada kaumnya. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Babi Haram Dikonsumsi Menurut Islam

Atau Nabi Nuh yang gigih mengajak kaumnya beriman, dan Nabi Ibrahim yang tabah dalam menjalankan misi kerasulannya dan lainnya. "Dan Rasulullah ﷺ itu menghimpun keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh nabi-nabi yang lain. Misalnya keutamaan nabi ibrahim, kesabaran nabi Ibrahim ketika berdakwah, ketegasan yang dimiliki Nabi Musa, kemudian etika, akhlak dan santunnya Nabi Isa, itu ada pada diri Nabi Muhammad ﷺ," kata Ustadz Syahrullah saat mengisi kajian virtual Jamaah halaqah tafsir PSQ di Masjid Bayt Alquran beberapa waktu lalu.   

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA