Rabu 01 Dec 2021 16:51 WIB

CNN Copot Sementara Chris Cuomo Sebagai Pembawa Acara

Chris Cuomo disebut membantu mantan gubernur New York hadapi tuduhan pelecehan

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Chris Cuomo disebut membantu mantan gubernur New York yang juga saudaranya, Andrew Cuomo, menghadapi tuduhan pelecehan. Ilustrasi.
Foto: EPA
Chris Cuomo disebut membantu mantan gubernur New York yang juga saudaranya, Andrew Cuomo, menghadapi tuduhan pelecehan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- CNN memberhentikan sementara tanpa batas waktu pembawa acara Chris Cuomo. Langkah itu dilakukan setelah muncul detail mengenai bagaimana jurnalis terkenal itu membantu kakak laki-lakinya, mantan Gubernur New York Andrew Cuomo, menghadapi tuduhan pelecehan seksual awal tahun ini.

Saluran televisi berita itu mengatakan dokumen yang dirilis jaksa agung New York mengindikasi Cuomo terlibat dalam masalah kakaknya hingga ke tingkat yang sebelumnya tidak diketahui petinggi-petinggi CNN. "Akibatnya, kami memberhentikan Chris tanpa batas waktu hingga evaluasi selanjutnya," kata CNN, Rabu (1/12).

Baca Juga

Berdasarkan email dan transkrip kesaksiannya pada penyidik yang bekerja untuk Jaksa Agung Letitia James, Cuomo mengaku menekan sumber untuk memberikan informasi mengenai orang yang menuduh saudaranya dan melaporkannya kembali ke staf gubernur. Ia juga aktif membantu Andrew untuk merespons dakwaan.

Kantor Kejaksaan New York menemukan Andrew Cuomo telah melecehkan 11 perempuan. Sebelumnya Chris mengaku berbicara dengan kakaknya dan menawarkan bantuan ketika mantan gubernur itu didakwa atas pelecehan seksual.

Namun informasi yang dirilis kejaksaan Senin (30/11) kemarin mengungkap detail yang lebih banyak apa yang sebenarnya dilakukan Chris Cuomo. Andrew Cuomo sudah mengundurkan diri pada Agustus lalu untuk menghindari sidang pemakzulan.

Program yang dibawakan Chris Cuomo sangat populer. Acara yang tayang pada pukul 21.00 waktu setempat itu rata-rata ditonton 1,3 juta orang setiap episodenya. Menurut perusahaan rating Nielsen, acara yang dibawakan Chris hanya kalah tipis dari program terpopuler CNN yang dibawakan Anderson Cooper.

Seperti saluran berita kabel lainnya, angka penonton turun usai sempat membengkak selama pemilihan umum. Pada Senin (29/11) lalu ia muncul di program dan membicarakan Covid-19 serta politik tanpa menyinggung masalahnya sendiri.

Cuomo dan pengacaranya yang mewakilinya dalam kesaksian musim panas lalu belum membalas permintaan komentar. Anderson Cooper menggantikan Chris untuk membawakan programnya pada Selasa.

Dua bulan pertama pandemi, Chris beberapa kali mewawancarai kakaknya. Tayangan tersebut sempat menarik banyak penonton meski melanggar kebijakan CNN. Langkah itu terbukti menjadi pilihan yang buruk saat semakin banyak tuduhan yang dihadapi Andrew.

Chris kerap berdiskusi dengan bawahan kakaknya saat Andrew menghadapi dakwaan pelecehan seksual pada Mei lalu. Terkadang ia tidak sepakat dengan saran dan nasihat staf kakaknya. "Ini saudara saya dan saya mencoba membantunya melalui situasi di mana ia mengatakan pada saya ia tidak bersalah," kata Cuomo pada penyidik kantor kejaksaan Juli lalu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement