Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Polisi Filter Kendaraan ke Jakarta Antisipasi Ikut Aksi 212

Rabu 01 Dec 2021 15:02 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas, Jakpus saat ini ditutup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan filterisasi terhadap seluruh kendaraan yang mengarah ke kawasan Bundaran Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus). Kebijakan itu guna mengantisipasi kerumunan massa reuni aksi 212.

"Kendaran yang masuk ke Jakarta kita filterisasi. Artinya kendaraan masih bisa melintas, kecuali untuk massa 212," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakpus, Rabu (1/12).

Baca Juga

Sambodo mengatakan, aparat berjaga di seluruh pintu masuk ke Jakarta, seperti di Jalan Kalimalang, Pasar Jumat, Lenteng Agung, Jalan Raya Bogor, Batu Ceper, dan Jalan Daan Mogot. Selain di sejumlah lokasi tersebut, filterisasi juga dilakukan di sejumlah titik, seperti Jalan Semanggi, Jenderal Sudirman, dan MH Thamrin.

Sementara itu, jalur protokol sekitar Patung Kuda dan Monas saat ini ditutup, meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran, dan Jalan Museum. Penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB sampai Kamis (2/12) pukul 21.00 WIB.

"Lokasi yang akan ditutup adalah di seputar Patung Kuda dan Monas. Jadi, semua lokasi tersebut dinyatakan sebagai kawasan terbatas atau restricted area," kata Sambodo.

Karena itu, polisi melakukan rekayasa lalu lintas, yakni kendaraan dari arah Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda akan dibelokkan ke kiri atau ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih. Kemudian, Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan akan diluruskan menuju Harmoni.

Kendaraan dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan atau Kedutaan Besar Amerika Serikat akan dialihkan menuju Jalan Juanda yang mengarah Gereja Katedral atau Masjid Istiqlal.

"Semua jalan sekitar Patung Kuda dan Monas tidak bisa dilewati, termasuk dari Harmoni akan dibelokkan ke Jalan Juanda. Begitu juga daribarah Tomang diluruskan atau belok ke kiri ke arah Kota Tua," kata Sambodo.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA