Rabu 01 Dec 2021 06:19 WIB

Kiper Legendaris Brasil Masuk Jajaran Staf Pelatih Liverpool

Kedatangan Taffarel tak lepas dari saran kiper Liverpool asal Brasil, Alisson Becker.

Kiper Liverpool asal Brasil Alisson Becker. Alisson merekomendasikan kiper legendaris timnas Brasil Claudio Taffarel untuk menjadi pelatih kiper di Liverpool.
Foto: EPA-EFE/PAOLO MAGNI
Kiper Liverpool asal Brasil Alisson Becker. Alisson merekomendasikan kiper legendaris timnas Brasil Claudio Taffarel untuk menjadi pelatih kiper di Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool pada Rabu (1/12) dini hari WIB mengumumkan merekrut kiper legendaris Brasil, Claudio Taffarel, untuk bergabung ke dalam jajaran staf pelatih klub. Meski direkrut Liverpool, Taffarel akan tetap merangkap dengan tugasnya sebagai pelatih kiper timnas Brasil tiap kali Selecao bertanding di kompetisi internasional.

Laman resmi Liverpool menyatakan Taffarel telah mengantongi izin kerja dari Pemerintah Inggris dan akan menjadi pelatih kiper ketiga klub Liga Primer Inggris tersebut bersama John Achtenberg dan Jack Robinson.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengaku kedatangan Taffarel tidak lepas dari konsultasinya dengan kiper Alisson Becker yang merasakan tangan dingin Taffarel di timnas Brasil. Ia juga mengaku perekrutan Taffarel tidak lepas dari keinginannya untuk membangun filosofi pola permainan kiper yang khas.

"Kami ingin membangun filosofi kami sendiri di departemen kiper, sebab kami sepakat posisi itu punya permainannya sendiri. Itulah mengapa kami melakukan pendekatan berbeda," kata Klopp dikutip dari laman resmi Liverpool. "Kami berbicara dengan Ali (Alisson), sebab dua di antara kiper terbaik di dunia berasal dari Brasil dan mendapatkan solusi untuk mendatangkan Taffarel yang merupakan tambahan luar biasa bagi staf pelatih kami."

Liverpool, lanjut Klopp, sangat ingin menjadi poros pelatihan kiper yang stabil di dunia sepak bola. "Itulah mengapa kami mendatangkan pelatih kiper ketiga yang sangat berpengalaman," jelasnya.

Taffarel pensiun pada 2003 dengan catatan 101 penampilan untuk Brasil dan torehan gelar juara Piala Dunia 1994. Ia kemudian sempat menjadi pelatih kiper Galatasaray dan dua kali menjabat sebagai pelatih interim pada 2014 dan 2015 di klub Turki itu sebelum bergabung jadi pelatih kiper timnas Brasil.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement