Selasa 30 Nov 2021 21:00 WIB

Kampung Pulo Geulis, Kampung di Tengah Kali Ciliwung

Pulo Geulis merupakan kampung menyerupai pulau yang persis berada di tengah Ciliwung.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agung Sasongko
Anggota Pramuka Penegak Kota Bogor memungut sampah di aliran sungai Ciliwung, Kampung Pulogeulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jum
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Anggota Pramuka Penegak Kota Bogor memungut sampah di aliran sungai Ciliwung, Kampung Pulogeulis, Kota Bogor, Jawa Barat, Jum

IHRAM.CO.ID, Ada satu kampung terbilang unik yang berada di kota Bogor. Tepatnya, Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Ya, kampung itu namanya Pulo Geulis atau dalam bahasa Indonesia berarti Pulau Cantik merupakan sebuah kampung menyerupai pulau yang persis berada di tengah-tengah Kali Ciliwung, Kota Bogor.

Baca Juga

Memiliki luas sekitar 3,5 hektare, Kampung Pulo Geulis dihuni sebanyak 2.684 warga dari 773 kepala keluarga (KK). Kampung ini terbilang cukup padat penduduknya, lantaran dalam satu rumah bisa dihuni 2-3 KK.

Penduduk Kampung Pulo Geulis didominasi suku Sunda dan Tionghoa. Tak heran, di kampung ini terdapat klenteng atau vihara tertua di Kota Bogor, yakni Kelenteng Pan Kho Bio atau yang saat ini dikenal sebagai Wihara Maha Brahma yang ditemukan sejak 1703. Bersamaan dengan patung Dewa Pan Kho yang saat ini masih ada di dalamnya.

Pada 2011, Wihara Maha Brahma resmi dijadikan cagar budaya. Saat ini, vihara berusia tiga abad ini menjadi ikon dari Kampung Wisata Pulo Geulis, yang sedang dikembangkan menjadi kampung etnik.

Sebelumnya, Pulo Geulis sudah disebut sebagai kampung tematik sejak 2018, hanya saja pengembangannya sebagai destinasi wisata terhambat pandemi Covid-19.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement