Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Ini Tiga Roadmap Capai Nol Emisi pada 2060

Selasa 30 Nov 2021 14:45 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Agus Yulianto

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Tiga komitmen Indonesia dalam upaya pengurangan karbon, membutuhkan dana yang besar. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Pemerintah telah menyusun roadmap untuk mencapai nol emisi pada 2060. Hal ini bertujuan untuk mengatasi ancaman perubahan iklim. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ada tiga komitmen yang dilakukan Indonesia untuk mencapai nol emisi pada 2060. Pertama, kita akan meningkatkan dan memanfaatkan lebih banyak energi terbarukan. Kedua, Indonesia akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. 

"Ketiga, memanfaatkan teknologi untuk mengurangi emisi karbon,” ujarnya saat webinar 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021, Selasa (30/11).

Menurutnya, tiga komitmen Indonesia dalam upaya pengurangan karbon membutuhkan dana yang besar. Maka itu, pemerintah akan bekerja sama dengan pihak swasta.

"Komitmen tiga ini tentunya tidak gratis yang akan membutuhkan anggaran dan investasi yang besar dan tidak hanya datang dari pemerintah, tapi juga dari swasta," ucapnya.

Sri Mulyani juga menyebut, Kementerian Keuangan akan bekerja sama dengan Kementerian ESDM terkait mekanisme transisi energi.

"Hal ini tidak hanya terkait dengan batubara yang juga merupakan bahan bakar fosil lainnya tetapi juga pada minyak dan gas," ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA