Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

China Janjikan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Afrika

Selasa 30 Nov 2021 06:50 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda

 Presiden China Xi Jinping menghadiri mengingatkan pentingnya berjuang bersama melawan Covid-19. Ia menyerukan upaya menutup kesenjangan vaksinasi, seperti yang terjadi di Afrika.

Foto:
Soroti kesenjangan vaksinasi Covid-19, China sumbang vaksin untuk Afrika.

Sejak awal pandemi, China sudah menyumbang hampir 200 juta dosis vaksin untuk negara-negara Afrika. Namun, para kritikus menuding kemurahan hati Beijing merupakan bagian dari "serangan" diplomatik.

Tingkat vaksinasi Covid-19 di Afrika masih rendah dibandingkan negara-negara lain di dunia. Banyak negara di benua tersebut masih bergantung pada bantuan asing untuk melakukan vaksinasi.

Hal itu karena minimnya fasilitas produksi lokal dan mahalnya biaya pembelian vaksin dalam skala besar. Pada September lalu, Uni Afrika menuding produsen vaksin Covid-19 tak memberi kesempatan adil bagi negara-negara Afrika untuk membeli produk mereka.

Uni Afrika mendesak negara-negara produsen, khususnya India, mencabut pembatasan ekspor vaksin dan komponennya. Saat itu, dari 5,7 miliar dosis vaksin Covid-19 yang telah diberikan di seluruh dunia, hanya dua persen disalurkan ke Afrika.

Utusan Khusus Uni Afrika untuk Covid-19 Strive Masiyiwa menekankan, Uni Afrika memiliki target untuk memvaksinasi 60 persen populasinya. Mereka dan para mitranya berharap membeli separuh dari jumlah dosis yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, sementara sisanya diharapkan dapat diperoleh dari sumbangan Covax yang didukung WHO dan Gavi.

sumber : Reuters
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA