Senin 29 Nov 2021 22:23 WIB

Garuda Layani Penerbangan VTL Jakarta-Singapura

Implementasi kebijakan Jalur Perjalanan Vaksinasi mulai dilaksanakan pada hari ini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Pesawat Garuda Indonesia. Garuda Indonesia mulai melaksanakan Jalur Perjalanan Vaksinasi atau VTL dari Singapura.
Foto: Antara/Ampelsa
Pesawat Garuda Indonesia. Garuda Indonesia mulai melaksanakan Jalur Perjalanan Vaksinasi atau VTL dari Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan pertama di Indonesia yang melayani penerbangan Jalur Perjalanan Vaksinasi atau Vaccinated Travel Lane (VTL) Indonesia-Singapura. Hal tersebut dilakukan melalui rute penerbangan Jakarta-Singapura yang dioperasikan melalui nomor penerbangan GA 836 dan dilayani sebanyak enam kali setiap pekannya dengan armada A330-300.

"Sejalan dengan langkah percepatan program vaksinasi Covid-19 yang dilakukan berbagai negara, dilaksanakannya program Jalur Perjalanan Vaksinasi ini memiliki arti penting bagi kami dalam menyelaraskan komitmen akselerasi kinerja," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pernyataan tertulisnya, Senin (29/11).

Baca Juga

Terlebih menurut Irfan saat ini masih dalam situasi pandemi sehingga perlu memastikan aspek fundamental atas kebutuhan perjalanan di era kenormalan. Khususnya terkait rasa aman dan nyaman yang diwujudkan melalui konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini operasi.

Melalui program Jalur Perjalanan Vaksinasi tersebut, Irfan mengatakan, pelaku perjalanan kedua negara harus memenuhi kriteria. Kriteria tersebut yakni harus mendapatkan dosis lengkap vaksinasi Covid-19 sesuai dengan rekomendasi WHO dan kriteria lainnya.

"Dengan kriteria tersebut dapat melakukan perjalanan antarnegara tanpa harus melaksanakan karantina pada saat kedatangan," ungkap Irfan.

Irfan mendapatkan, dengan mendapatkan kepercayaan untuk mendukung inisiatif strategis yang memiliki nilai penting dalam hubungan bilateral antarnegara tersebut akan menjadi refleksi tersendiri. Khususnya atas komitmen peran aktif Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk selalu berpartisipasi aktif dalam mendukung misi pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Melalui dukungan ini tentunya kami harapkan juga dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung bangkitnya kembali sektor pariwisata melalui kesiapan infrastruktur konektivitas udara," jelas Irfan.

Sejalan dengan implementasi kebijakan Jalur Perjalanan Vaksinasi  yang mulai dilaksanakan pada hari ini, Senin (29/11), Irfan memastikan Garuda Indonesia juga terus memperkuat kesiapan aspek operasional penunjang utamanya. Khususnya melalui konsistensi penerapan protokol kesehatan pada seluruh lini layanan penerbangan yang terus dioptimalkan bersama dengan para pemangku kepentingan kebandarudaraan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement