Senin 29 Nov 2021 21:08 WIB

Kapal AS Selamatkan Nelayan Iran 8 Hari Terdampar di Laut

Kedua nelayan Iran itu dibawa ke kapal penjaga pantai Oman.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Kapal perang Amerika (ilustrasi)
Foto: VOA
Kapal perang Amerika (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT – Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menyelamatkan dua nelayan Iran yang telah terombang-ambing selama delapan hari di perairan Teluk Oman. Kendati demikian, saat ditemukan dan diselamatkan, kedua nelayan itu dalam keadaan sehat.

“Sebuah kapal Angkatan Laut AS menyelamatkan dua pelaut Iran (pada Sabtu 27 November) dari sebuah kapal penangkap ikan setelah terombang-ambing selama delapan hari di Teluk Oman,” kata Komando Pusat Angkatan Laut AS (NAVCENT) dalam sebuah pernyataan pada Ahad (28/11), dikutip Al Arabiya.

Baca Juga

Dua nelayan Iran itu diselamatkan kapal kargo Angkatan Laut AS, Charles Drew. Kapal tersebut tiba di lokasi enam jam setelah menerima panggilan darurat dari perahu milik kedua nelayan. Saat menjemput, Charles Drew turut membawa makanan, air, dan perawatan medis.

Setelah diselamatkan, kedua nelayan Iran itu dibawa ke kapal penjaga pantai Oman di dekat ibu kota Muscat. “Kedua pelaut dalam keadaan sehat dan semangar pada saat pemindahan,” kata NAVCENT.

NAVCENT menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Oman dalam membantu memulangkan kedua nelayan Iran tersebut. AS dan sekutu regionalnya di Teluk telah berbagi keprihatinan tentang Iran. Teheran dituding mendalangi aksi serangan terhadap beberapa kapal kargo yang melintas di wilayah perairan tersebut. Iran dengan tegas membantah tuduhan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement