Senin 29 Nov 2021 16:09 WIB

UNIS Tangerang Gelar Wisuda Sarjana ke-46

Perguruan tinggi dituntut mampu beradaptasi dan berkontribusi nyata selama pandemi.

UNIS Tangerang Gelar Wisuda Sarjana ke-46
Foto:

Rektor mengatakan, sumberdaya manusia yang mampu bersaing pada era tersebut adalah manusia-manusia yang trampil dan memiliki skill kompetensi yang dibutuhkan serta sejalan dengan perkembangan era tersebut. 

Revolusi industry 4.0 tersebut memberikan kemudahan kepada semua masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya di berbagai bidang yang sesuai dengan kondisi kebutuhannya masing-masing. 

Pada era ini ditandai dengan 3 hal yaitu pertama akrab dengan teknologi digital, kedua memiliki pemikiran yang terbuka ketiga spontan dalam mengungkapkan yang dirasakan dan dipikirkan.

"Ketiga hal tersebut memberikan ciri bagaimana peradaban berkembang dengan cepat. Kesalahan dan keterlambatan dalam mengikuti perkembangan tersebut tentu akan menghambat setiap perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi baik pada individu itu sendiri maupun pada masyarakatnya yang pada akhirnya akan berdampak terhadap  pertumbuhan pembangunan," katanya.

Menurutnya, pada era revolusi industri saat ini ada beberapa ancaman yang diperoleh apabila tidak mengikuti terhadap perkembangan tersebut diantaranya adalah secara global era digitalisasi akan menghilangkan sekitar 1–1,5 miliar pekerjaan sepanjang tahun 2015-2025 karena digantikannya posisi manusia dengan mesin otomatis. 

 

Di samping ancaman ada beberapa peluang yang akan diperoleh pada era revolusi industry 4.0 diantaranya adalah era digitalisasi berpotensi memberikan peningkatan net tenaga kerja hingga 2.1 juta pekerjaan baru pada tahun 2025.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement