Senin 29 Nov 2021 19:36 WIB

Cara Lindungi Akun Garena Free Fire dari Serangan Phishing

Garena Free Fire sangat populer hingga menjadi sasaran peretas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Garena Free Fire
Foto: youtube
Garena Free Fire

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garena Free Fire merupakan salah satu game battle royale paling populer. Karena popularitasnya yang ekstrem, gim ini telah menjadi sasaran para peretas.

Penting bagi setiap pemain untuk menjaga akun Free Fire mereka aman dari peretas dan menjaga diri mereka dari serangan phishing. Phishing adalah upaya untuk mendapatkan akses ke akun Anda dengan mencuri informasi sensitif Anda seperti kata sandi dan informasi kartu kredit.

Baca Juga

Dilansir dari Hindustan Times, Senin (29/11), gamer yang belum terlalu paham tentang phishing bisa mengecek ciri-ciri berikut untuk mengetahui apakah mereka pernah terkena serangan phishing atau tidak. Pemain Free Fire umumnya menghadapi serangan berupa email/SMS/pesan phishing.

Email/SMS/pesan phishing mungkin memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Meminta informasi pribadi atau keuangan seperti nomor kartu kredit Anda
  2. Berisi lampiran yang tidak diminta
  3. Berisi tautan palsu
  4. Mendesak Anda untuk bertindak cepat
  5. Menggunakan sapaan umum seperti “ Pengguna yang Terhormat”
  6. Tidak profesional, mengandung kesalahan ejaan dan tata bahasa yang buruk

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua email/SMS/phishing memiliki karakteristik ini, jadi jangan pernah membagikan informasi pribadi atau keuangan Anda melalui saluran tersebut.

Jika Anda menduga bahwa Anda telah terkena phishing, Anda bisa menginformasikan hal yang sama di https://ffsupport.garena.com/hc/en-us. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat digunakan untuk menjaga akun Free Fire Anda aman dari serangan phishing:

  1. Kata sandi harus kuat. Kata sandi harus rumit dan tidak boleh berisi nama pribadi atau nama pengguna Anda, kata sandi harus memiliki panjang minimal delapan karakter, kata sandi akun Free Fire harus berisi angka, simbol (misalnya !@#$%^&*), huruf besar dan huruf kecil.
  2. Kerahasiaan adalah hal yang tidak bisa ditawar ketika datang ke akun Garena Free Fire. Yang dimaksud di sini adalah jaga kerahasiaan kata sandi Anda, ubah secara teratur untuk menjaga keamanan akun Anda, dan jangan bagikan detail login Anda dengan siapa pun.
  3. Jangan menanggapi panggilan, email, atau pesan lain yang meminta login pribadi atau informasi keuangan.
  4. Jangan memasukkan informasi penting melalui jaringan yang tidak aman (misalnya WiFi publik) atau di komputer umum. Penjahat dunia maya berpotensi mencegat saluran ini dan mendapatkan informasi Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement